Bangunan Stasiun Rangkasbitung Jadi Cagar Budaya

oleh -
Hall Stasiun KA Rngkasbitung menjadi icon baru yang dilengkapi beragam fasilitas modern bagi penumpang KA.

REDAKSI24.COM – Stasiun KA Rangkasbitung sudah mendapat sentuhan modernisasi.  Fasilitas baru ditambah guna menunjang pelayanan bagi para calon penumpang yang akan menggunakan jasa kereta dari stasiun itu. Namun ada beberapa sisi bangunan stasiun yang tidak direhabilitasi sama sekali alias tidak ada perubahan.

Hal tersebut mengingat Stasiun KA Rangkasbitung menjadi salah satu bukti peninggalan zaman penjajahan Belanda yang telah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya (BCB). Untuk mempertahankan nilai-nilai sejarahnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) tetap mempertahankan struktur bangunan lama, tanpa melakukan pembongkaran.

Kepala Stasiun (KS) KA Rangkasbitung Gun Gun Adi Nugraha mengakui, Stasiun KA Rangkasbitung akan tetap pada desain awal tanpa ada perubahan pada bangunan yang menjadi bukti bersejarah tersebut.

“Kami tidak akan melakukan pembongkaran pada bangunan stasiun yang telah manjadk BCB,” kata KS ketika ditemui di Hall Stasiun KA Rangkasbitung, Selasa (06/08/2019).

Gun Gun menyambut baik rencana Pemerintah  Kabupaten Lebak yang akan membangun terminal terpadu terintegrasi antara Terminal Kalijaga dengan Stasiun KA Rangkasbitung. Gun Gun juga mengaku telah melakukan komunikasi dengan Pemkab Lebak, khususnya  mengenai rancangan pembangunan terminal yang mempertahankan Bangunan Cagar Budaya.

“Kami sering melakukan komunikasi dengan Pemda Lebak, dan rencananya kami akan bangun tempat parkir kendaraan antara Terminal Kalijaga dan Stasiun Rangkasbitung,” akunya.

Gun Gun menambahkan, proses modernisasi akan dilakukan PT KA pada lahan kosong milik negara, tanpa melakukan pembongkaran atau perubahan pada bangunan Stasiun yang telah menjadi BCB.

“Karena Stasiun Rangkasbitung merupakan Bagunan Cagar Budaya, kami akan melakukan pengembangan stasiun di lahan kosong milik negara, tanpa melakukan perubahan pada bangunan cagar budaya tersebut,” tuturnya.(Yusuf/Difa)

No More Posts Available.

No more pages to load.