Bandara Soekarno Hatta Buka Sentra Vaksinasi Gratis Bagi Calon Penumpang

oleh -
Bandara Soekarno Hatta Siapkan Vaksinasi gratis bagi calon penumpang.

BANDARA SSOEKARNO HATTA, REDAKSI24.COM– Bandara Soekarno-Hatta mulai Sabtu ( 3/7/2021), membuka sentra vaksinasi COVID-19 di Terminal 2 dan Terminal 3 bagi calon penumpang pesawat.

Setiap calon penumpang pesawat yang memiliki tiket penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta dapat menjalani vaksinasi secara gratis di lokasi tersebut. 

Menurut President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, Sabtu (3/7/2021), Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta dibuka atas kerjasama  dan dukungan penuh dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) Kelas I Soekarno-Hatta. 

“Kami berterima kasih atas dukungan Kementerian Kesehatan dan KKP Kemenkes Kelas I Soekarno-Hatta, sehingga Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta di Terminal 2 dan Terminal 3 dapat dibuka untuk calon penumpang pesawat.” katanya.

BACA JUGA: Libur Panjang Kali Ini, Jumlah Penumpang di 19 Bandara Yang Dikelola PT Angkasa Pura II Cetak Rekor Tertinggi

Diharapkan dengan adanya sentra vaksinasi ini maka calon penumpang dapat senantiasa memenuhi protokol kesehatan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, di mana syarat perjalanan dalam negeri dengan pesawat menuju dan dari Jawa serta Bali adalah harus menunjukkan kartu vaksinasi dan hasil tes PCR (maksimal 2×24 jam sebelum keberangkata). 

Sentra Vaksinasi Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta dilakukan  di area seluas sekitar 300 meter persegi,  di area kedatangan 2E dan beroperasi pada pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan kapasitas vaksinasi sebanyak 200 orang per jam. 

Sementara itu Sentra Vaksinasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dioperasikan di area seluas  485 meter persegi,  di West Lobby Kedatangan Domestik dan beroperasi pada pukul 08.00 – 16.00 WIB dengan kapasitas vaksinasi sebanyak 197 orang/jam. 

Adapun prosedur umum dalam melakukan proses vaksinasi di kedua lokasi ini adalah:

  1. Calon penumpang pesawat harus sudah memiliki tiket penerbangan dan diimbau tiba di lokasi vaksinasi minimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat
  2. Calon penumpang mengambil tiket/nomor antrean di vending machine
  3. Calon penumpang pesawat mengisi formulir vaksinasi
  4. Dokter melakukan observasi terhadap calon penumpang pesawat yang akan melakukan vaksinasi
  5. Calon penumpang pesawat melakukan vaksinasi
  6. Setelah vaksinasi, calon penumpang pesawat menunggu 15 menit di lokasi untuk dilakukan observasi.

Animo masyarakat cukup baik terhadap sentra vaksinasi ini, di mana di Sentra Vaksinasi Terminal 2 pada hari ini, 3 Juli 2021, pukul 10.35 WIB, jumlah calon penumpang pesawat yang akan divaksinasi sudah  mencapai 143 orang. 

“Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta juga bertujuan untuk mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19 yang dicanangkan pemerintah sebagai upaya kita bersama dalam mewujudkan kekebalan komunal atau herd community di Indonesia guna menghadapi COVID-19,” ujar Muhammad Awaluddin melalui keterangan persnya.

Selain itu, kata dia, Airport Health Center Terminal 2 dan Terminal 3 mulai 5 Juli 2021 akan memperluas layanan dengan menyediakan tes COVID-19 yang lebih lengkap. 

Selain telah menyediakan layanan Rapid Test Antigen dan realtime Reverse Transcriptase Polimerase Chain Reaction (rRT-PCR), Airport Health Center di Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta mulai 5 Juli 2021 akan menyediakan layanan Rapid Molecular Test-RT PCR dan Isothermal Rapid Molecular Test-NEAR yang dapat mendeteksi Virus COVID-19 hanya dengan waktu sekira 45menit.

Rapid Molecular Test-RT PCR dan Isothermal Rapid Molecular Test-NEAR ini sudah mendapat persetujuan dari KKP Kemenkes Kelas I Soekarno-Hatta untuk digunakan pada masa PPKM Darurat. 

“Sentra vaksinasi serta layanan Test-RT PCR dan Isothermal Rapid Molecular Test-NEARS di Bandara Soekarno-Hatta merupakan salah satu bentuk APII dan stakeholder dalam mendukung penuh PPKM Darurat Jawa – Bali, serta mendukung calon penumpang pesawat agar selalu memenuhi protokol kesehatan yang dipersyaratkan,” ujar Muhammad Awaluddin. (Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.