Bagaimana Sebaiknya Menghadapi Pesepeda Jalan Raya, Pebalap Rifat Sungkar Membagikan Tipnya Untuk Anda!

  • Whatsapp
Presiden Gowes Sepeda
Presiden bersepeda sambil bagi-bagi masker di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa barat, Sabtu (15/08/2020)

BERSEPEDA kini merupakan  olahraga yang kian diminati sekaligus  tren gaya hidup masyarakat Indonesia saat pandemi COVID-19 sehingga pesepeda pun kian banyak dijumpai di jalan raya, tidak hanya saat liburan atau akhir pekan tapi di hari-hari biasa juga jalanan  diramaikan para pengowes.

Nah bagaimana para pengemudi motor dan mobil menghadapi para pengayuh sepeda di jalan raya, pembalap Rifat Sungkar yang juga Duta Mitsubishi Indonesia  membagikan tip sederhana  untuk Anda.

Bacaan Lainnya

Pertama, Rifat Sungkar berpendapat, pada dasarnya seluruh pengguna jalan seyogianya  saling menghargai untuk berbagi jalan.

Dia mencontohkan apa yang diterapkan di Australia dimana terdapat kampanye berbagi jalan dengan pesepeda di jalan raya. Tagline kampanyenya “A Metter Matters”, yang artinya antara kendaraan bermesin sama dengan yang tidak menggunakan mesin harus menjaga jarak sejauh satu meter.

“Cara tersebut untuk mengantisipasi ketika tiba-tiba ada mobil berhenti, atau mendadak ada mobil yang membuka pintu. Jadi sebelah-sebelahan itu harus satu meter jaraknya, bukan depan-depanan ya,” ujar Rifat Sungkar  dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Hanya saja, lanjut pria yang juga pehobi sepeda ini, cara di Australia seperti itu agak sulit diterapkan di Indonesia lantaran banyak kondisi jalan yang tidak lebar.

Namun sebaliknya, demikian pesan Rifat Sungkar, pesepeda pun jangan bergerombol
Ia berpesan agar pesepeda tidak bergerombol karena  menghabiskan lebar jalan.

Sementara pemotor dan pemobil harus menjaga kecepatan ketika bertemu dengan rombongan pesepeda.

“Tentu kalau di Indonesia harus hati-hati, mengingat  antara infrastruktur jalan dan jumlah pesepeda itu tidak seimbang. Kita pun tidak bisa juga membatasi jumlah satu sama lainnya, sehingga harus ada saling pengertian sesama pengguna jalan,” pungkas Rifat Sungkar.(Alviansyah/Ant/Jaya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.