Awas, Jangan Buka Katup Tabung Oksigen Saat Tangan Berminyak

oleh -
Awas Katup Tabung Oksigen Tangan Berminyak mandiri percikan api kota tangerang, gedung mui gasindo group
Managing Director Gasindo Group, Satria Khresna kepada wartawan di Gedung MUI Kota Tangerang, Rabu (14/7/2021) mengatakan, tangan berminyak bisa memicu percikan api pada tabung oksigen.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM – Masyarakat yang menggunakan tabung oksigen secara mandiri di rumah diminta untuk tidak memegang atau memutar valve atau katup dengan tangan yang berminyak. Sebab, hal itu bisa memicu percikan api.

Peringatan itu disampaikan Managing Director Gasindo Group, Satria Khresna kepada wartawan di Gedung MUI Kota Tangerang dalam acara pengisian tabung oksigen gratis bagi masyarakat Kota Tangerang, Rabu (14/7/2021).

“Misalnya seorang setelah makan gorengan langsung memutar valve oksigen, itu sangat berbahaya dan bisa memicu letupan api,” katanya kembali mengingatkan.

Ia menjelaskan, tabung tabung oksigen merupakan high pressure cylinder atau tabung bertekanan tinggi dengan mencapai 150 bar yang memerlukan penanganan secara baik dan safety.

BACA JUGA: Pemkot Tangerang Bagikan Oksigen Gratis Bagi Pasien COVID-19

Kesalahan dalam pembukaan tabung oksigen dapat menyebabkan ledakan, bahkan kerusakan bangunan rumah. Sebab tekanan dalam tabung sangat tinggi.

Sementara itu, oksigen bukan merupakan gas flameable/mudah terbakar, namun dapat mendorong terjadinya pembakaran. Sehingga perlu kehati-hatian dalam penggunaannya.

“Warga bisa melihat petunjuk pemakaian tabung oksigen ini melalui informasi di media maupun video. Ini sangat penting diperhatikan seiring meningkatnya penggunaan tabung oksigen di masa pandemi ini,” ujarnya.

Pihaknya pun mengajak sebagai pihak untuk menyosialisasikan mengenai tata cara penggunaan tabung gas oksigen saat ini agar menjadi edukasi dan warga mengetahui.

Satria menyebut pihaknya akan terus berkomitmen dalam membantu pemerintah mengatasi pandemi dengan memberikan 1.000 meter kubik gas oksigen kepada warga Kota Tangerang melalui Pemkot Tangerang.

“Ini bagian dari upaya kami membantu pemerintah mengatasi pandemi,” ujarnya.(Ant/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.