Atasi Sampah Pemkot Tangerang Kebut Pengadaan PLTSa

oleh -
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah -(ist)

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sedang melakukan proses pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). Untuk merealisasikannya Pemda Kota Tangerang saat ini sedang melakukan  proses lelang. 

Hal itu dilakukan, karena Keberadaan PLTSa  sebagai solusi untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) ilegal yang berada di sekitar aliran Sungai Cisadane.

“Ya, sekarang PLTSa dalam proses lelang. Mengenai TPA liar itu isinya sampah bukan ?, TPA kita juga sampah. Karenanya untuk mengantisipasi TPA liar tersebut, pemkot mempercepat teralisasinya PLTSa bersama dengan  PT TNG dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves),” Kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, Senin (20/9/2021).

Arief mengatakan, untuk  penindakan TPA liar, ranahnya ada di kepolisian dan itu sudah diatur dalam Undang-undang Lingkungan hidup. “Nah sekarang kaitan TPA liar  itu menjadi ranahnya kepolisian, karena diatur dalam UU lingkungan. Untuk itu kami berharap kepolisian bisa menindaklanjutinya,”  kata dia.

BACA JUGA: Atasi Sampah di Kota Tangerang, PLTSa Segera Direalisasikan

Apalagi, tambahnya, jika TPA liar tersebut menjadi tempat pembuangan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). “Kira-kira aturan apa yang dilanggar ?, itu ada di Undang-undang Lingkungan Hidup,” papar Arief.

Lebih jauh Arief menjelaskan, apabila ada pengiriman sampah yang melewati atau yang menuju TPA liar harus diatasi. Dan bila ada pelanggaran harus ditindak. ” Ya, apabila melanggar hukum harus ditindak,” tegas Arief. (Candra/Aan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.