Atasi Sampah di Kota Tangerang, PLTSa Segera Direalisasikan

  • Whatsapp
TPA Rawakucing
Kondisi sampah di TPA Rawakucing.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang berharap rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) yang dilakukan oleh Pemda Kota Tangerang segera direalisasikan. Pasalnya, saat ini TPA Rawa Kucing sudah menampung sedikitnya 1.500 ton sampah perhari

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Dedi Suhada mengatakan proses lelang PLTSa itu sudah dilakukan oleh PT Tangerang Nusantara Global (TNG), selaku badan usaha milik daerah (BUMD) Kota Tangerang. Namun hingga kini proses lelangnya belum jelas, siapakah pemenang tendernya.

Bacaan Lainnya

” Infonya sudah lelang, tapi hingga kini kami belum mengetahui hasilnya,” kata Dedi Minggu (31/5/2020).

Akibatnya, kata Dedi, pihaknya harus melakukan inovasi untuk mengoptimalkan penananan sampah. Mengingat dengan lahan TPA Rawa Kucing yang tidak bertambah, tapi volume sampah di Kota Tangerang terus meningkat hingga mencapai 1.500 ton perhari.

Dari jumlah sampah seperti itu, katanya, 62 persennya terdiri dari sampah organik dan 38 persen sampah non organik.

Dikonfirmasi masalah PLTSa, Dirut PT TNG, Edi Chandra mengatakan hasil lelang yang dilakukan pihaknya sudah selesai diselenggarakan pada pertengahan Maret 2020 lalu. Dengan dimemangkah oleh Consortium Oligo Partners (COP).

Dan saat ini, tambah dia, pemenang tender tersebut sedang melakukam penyusunan draft. “Saat ini masih proses penyusunan draft,” kata dia. Selanjutnya, imbuh
Edi, akan dilakukan kesepakatan penanda tanganan proyek untuk segera dilakukan. (Igbal/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.