Asyiknya Berselancar di Pantai Pulau Panaitan Pandeglang

  • Whatsapp
pulau panaitan
Wisatawan berselancar di Pulau Panaitan, Pandeglang, Banten.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Pantai di kawasan Pulau Panaitan Ujung Kulon, Pandeglang, Banten merupakan destinasi wisata yang disebut banyak wisatawan sebagai surga tersembunyi. Kawasan pulau tersebut menyimpan banyak keindahan alam yang bisa dinikmati wisatawan.

Pantai di Pulau Panaitan, selain memiliki pemandangan yang eksotis, juga sangat cocok digunakan sebagai olah raga surfing bagi para pencinta selancar. Namun ombaknya hanya bisa ditemui sewaktu-waktu, seperti pada April hingga November.

Bacaan Lainnya

Para wisatawan, khususnya pencinta selancar, ternyata sudah mengetahui waktu munculnya ombak di kawasan Pulau Panaitan tersebut. Karena biasanya, pada bulan April hingga November tidak sedikit wisatawan baik lokal maupun manca Negara yang datang ke pulau itu.

Selain memiliki ombak yang cocok untuk berselancar, pulau itu juga memiliki spot diving atau menyelam, karena di bawah laut Pantai Pulau Panaitan tumbuh terumbu karang yang sangat memesona.

Sepanjang jalan menuju Pulau Panaitan, wisatawan juga bisa menikmati keindahan laut Pandeglang, karena jalur menuju Pulau Panaitan menyusuri pinggir pantai. Salah seorang guide lokal Surfing, Haryanto mengaku, tidak lama lagi akan membawa tamu atau wisatawan dari Negara Hawai.

“Tamu-tamu tersebut sengaja datang untuk menikmati ombak Pulau Panaitan. Hanya saja saya khawatir wisatawan itu batal ke Pulau Panaitan, karema dampak Virus Corona membuat mereka batal berkunjung,” ungkapnya, Minggu (1/3/2020).

BACA JUGA:

. Menikmati Pesona Pantai dari Coral Cafe Mutiara Carita Pandeglang

. Calhaj Pandeglang Dibekali Istithaah Kesehatan

. RS Aulia Pandeglang Masih Butuh 22 Tenaga Medis

Berdasarkan data resmi Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Pulau Panaitan memiliki luas 17.000 hektar. Pulau itu juga memiliki nilai sejarah sejak peradaban Hindu Kuno. Hal itu dibuktikan dengan adanya Arca atau Patung Batu Ganesha di Puncak Gunung Raksa.

Gunung Raksa yang memiliki tinggi 360 Mdpl bisa diakses para wisatawan. Dulu, selain Arca Ganesha, di puncak gunung itu juga ditemukan Arca Siwa. Tapi sayangnya, Arca Siwa sudah tidak ditemukan lagi sekarang, Arca itu hilang dicuri orang tidak bertanggungjawab.

Tetapi pada akhirnya bisa ditemukan kembali. Meski begitu, Arca itu tidak dibawa lagi ke tempat asalnya, melainkan disimpan di Museum Sri Baduga, Bandung, Jawa Barat. Pulau Panaitan terletak paling barat Ujung Semenanjung Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, tepatnya di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.