Asyik, Bakal Dibangun RTH dan Taman Bermain di Balaraja

oleh -
TINJAU LOKASI : Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang H. Moc. Maesyal Rasyied saat meninjau lokasi lapangan Balaraja yang akan dijadikan RTH dan taman bermain. Rabu, (12/6/2019).

KAB.TANGERANG,R24—Keberadaan Ruang terbuka Hijau (RTH) dan taman bermain tentunya penting di sebuah wilayah. Terlebih di Kabupaten Tangerang yang memiliki jumlah penduduk yang cukup padat yakni 3,5 juta jiwa tentunya keberadaan ruang publik semacam itu sangat dibutuhkan sebagai sarana melepaskan kelelahan ataupun menyalurkan kegiatan bagi masyarakat.

Menyadari hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Tangerang berencana akan membangun RTH dan taman bermain di lapangan Balaraja. Dengan luas lebih kurang 7.000 meter, nantinya lokasi tersebut bisa dimanfaatkan warga untuk lokasi bermain, sarana olahraga, lapangan upacara hingga panggung pentas seni yang akan menjadi tempat rekreasi masyarakat Balaraja dan sekitarnya.

“Kita bangun RTH di Balaraja yang akan dilengkapi sarana olahraga dan taman bermain ramah anak dan lansia untuk kegiatan masyarakat berolahraga sekaligus rekreasi,” ungkap Sekretaris Daerah H. Moc. Maesyal Rasyied usai meninjau lokasi lapangan Balaraja. Rabu, (12/6/2019).

Pria yang akrab disapa Rudi ini menjelaskan, agar RTH dan taman bermain di Balaraja tersebut bisa benar-benar bermanfaat, saat ini pihaknya sudah membuat site plannya yang disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia.

“RTH ini kita buat nyaman untuk masyarakat, baik taman bermain sarana olahraga hingga jogging track untuk masyarakat,” ujar Sekda.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaen Tangerang, Saifullah menambahkan, pelaksanaan pembangunan RTH dan taman bermain ini dilaksanakan oleh semua tim lintas OPD dengan perencanaan yang lengkap mulai dari Dinas Tata Ruang dan Bangunan, Dinas Perumahan Pemukiman dan Pemakaman, Dinas Bina Marga dan SDA, dan Bagian kerjasama Setda Kabupaten Tangerang.

“Hari ini tim meninjau langsung kelapangan Balaraja, untuk anggaran kita akan rencanakan diperubahan oleh setiap OPD masing-masing demi terwujudnya pembangunan RTH,” terang Saifullah.

Sementara itu, Sekretaris Camat Balaraja Arif mengungkapkan, konsep yang diinginkan sebagian masyarakat Balaraja yaitu RTH yang juga sekaligus berfungsi sebagai ruang publik terpadu. Sehingga nantinya lanjut Arif , RTH dan taman bermain tersebut bisa mengcakup semua usia untuk dapat memanfaatkan ruang tersebut, diantaranya balita remaja, hingga kaum lansia.

“Untuk remaja sendiri kita siapkan wall climbing, street gym, skate park dan panggung kesenian, disiapkan pula taman lansia dan jogging track untuk para keluarga yang melakukan olahraga disana. Mudah-mudahan pembangunan ini akan terwujud secepatnya untuk masyarakat,” ujar Arif. (Ifk/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *