Astaghfirullah, Taman Makam Pahlawan Pekanbaru Digerayangi Maling

  • Whatsapp
TMP Kusuma Dharma Kota Pekanbaru Riau menjadi sasaran maling yang mengambil sejumlah properti
Gubernur Provinsi Riau Syamsuar (tengah) bersama Forkominda Riau menaburkan bunga pada peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma, Kota Pekanbaru, Selasa (10/11/2020).

PEKANBARU, REDAKSI24.COM–Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, telah menjadi sasaran maling yang menggasak sejumlah properti di tempat peristirahatan terakhir para kusuma bangsa tersebut.

Menurut informasi dari petugas TMP Kusuma Dharma pada Selasa, maling mempreteli beberapa properti, antara lain pagar besi, kabel lampu, dan peralatan kebersihan  taman makam pahlawan.

Bacaan Lainnya

Atas kejadian itu, Gubernur Riau Syamsuar, mengaku  terkejut saat mengetahui perkara pencurian di TMP Kusuma Dharma Pekanbaru tersebut.

“Sepertinya ada orang-orang yang usil. Saya akan memerintahkan Dinas Sosial untuk segera melakukan pemeriksaan,”ujar Gubernur Syamsiar.

Gubernur juga menginstruksikan peningkatan pengamanan di kompleks TMP. “Kalau petugas keamanan kurang, segera ditambah,”ucapnya.

Selain itu, menurut dia, pihaknya juga meminta Dinas Sosial memperbaiki kondisi nisan yang rusak. “Makam yang kondisinya belum bagus, sudah saya sampaikan ke Kepala Dinas Sosial untuk lakukan perbaikan pengecatan,” katanya.

Syamsuar menambahkan, peringatan Hari Pahlawan tahun ini tanpa upacara bendera yang menghadirkan para veteran yang sudah lanjut usia karena berlangsung pada masa pandemi Covid-19.

Acara peringatan hanya berupa upacara penaburan bunga di TMP  Kusuma Dharma.

Pada bagian lain Gubernur Syamsuar mewakili pemerintah dan masyarakat Riau mengungkapkan syukur atas pemberian gelar pahlawan nasional untuk SM Amin Nasution, tokoh pergerakan pemuda serta gubernur pertama Sumatera Utara dan Riau.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT karena salah satu pejuang dari Riau, almarhum SM Amin, yang merupakan Gubernur Riau pertama, diberi penghargaan sebagai pahlawan nasional,”ungkap Syamsuar usai acara tabur bunga untuk memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma, Pekanbaru, Selasa.

Sutan Mohammad (SM) Amin Nasution, yang menjadi gubernur pada periode 1958-1960, berperan penting dalam pembangunan di wilayah Riau, yang berjuluk “Bumi Lancang Kuning.” Namanya diabadikan sebagai nama jalan protokol di Kota Pekanbaru.(Jay De Menes/ANTARA)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.