Astaga, Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 Lebak Hari Ini Bertambah 18 Orang

oleh -
Swab test
Swab test di Lebak (dok)

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM – Dalam kurun waktu dua bulan, Agustus hingga September 2020 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Lebak melonjak tajam. Bahkan pada Sabtu (5/9/2020) ini terdapat 18 kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Lebak.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, Trianto Supiono mengatakan, saat ini jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Lebak sebanyak 75 kasus. Adapun penambahan 18 kasus tersebut berasal dari lingkungan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lebak dan lingkungan masyarakat.

“Iya hari ini rekor terbanyak, total ada 18 kasus baru. 10 dari Disdukcapil Lebak dan 8 dari lingkungan masyarakat,” kata Kadinkes Lebak saat dikonfirmasi Redaksi24.com, Sabtu (5/9/2020).

Kata Kadinkes, ke 18 kasus tersebut tersebar di 3 Kecamatan, yakni Rangkasbitung, Cipanas, dan Cimarga. Katanya, dari lingkungan masyarakat di daerah Kecamatan Cimarga terdapat kasus yang merupakan hasil tracking Satuan Tugas (Satgas) Percepatan dan Penanganan Covid-19 Lebak dari kasus L-34 yang merupakan sopir Kadisdukcapil Lebak. 

BACA JUGA: 10 Pegawai Positif Covid-19, Kantor Disdukcapil Lebak Lockdown

“Ini kan awalnya klaster L-34 kemudian menyebar ke lingkungan kantor dan juga lingkungan rumahnya,” kata Pion sapaan akrab kadinkes Lebak 

Ia menuturkan saat ini pihaknya tengah melakukan tracking terhadap ke 18 kasus terkonfirmasi Covid-19 tersebut termasuk pada lingkungan Disdukcapil Lebak. 

“Kita swab test lagi dilingkungan kantor Disdukcapil Lebak total ada 81 pegawai, karena kita engga tau mereka berhubungan tidak dengan para pasien baru ini. Kita juga tracking di lingkungan rumah ke 18 kasus baru ini,” tuturnya.

Dirinya mengungkapkan, saat ini penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lebak sudah menjangkau lingkungan perkantoran. Pada Disdukcapil sendiri saat ini terdapat 11 kasus pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19, dan 2 kasus terkonfimasi positif Covid-19 yang berada di lingkungan Dinas Koperasi dan UMKM Lebak.

BACA JUGA: Covid-19 di Lebak Terus Bertambah, Terminal Mandala di Lockdown

“Ada satu kasus baru terkonfirmasi Covid-19 dari lingkungan Dinkop. Penyebaran covid-19 dilingkungan mungkin dapat terjadi, namun belum dapat kita pastikan, bergantung setelah apa yang kita lakukan selama ini (tracking),” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya tidak bosan-bosan untuk mengimbau seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Lebak untuk waspada terhadap penyebaran Covid-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran Covid-19 di Lebak.(Yusuf/Aan)