ASN Tinggimoncong di Diperiksa oleh Bawaslu Gowa

  • Whatsapp
Komisioner Bawaslu Gowa Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, Juanto Avol.

KABUPATEN GOWA, REDAKSI24.COM– Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan kembali mengundang salah satu oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Tinggimoncong pada Selasa (03/11/2020) 

Oknum ASN tersebut diduga melanggar Netralitas ASN setelah ditemukan foto menggunakan simbol pasangan calon pada akun media Sosial Fecebook milik orang lain.

Bacaan Lainnya

Komisioner Bawaslu Gowa Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, Juanto Avol, mengatakan, harusnya ASN lebih profesional dan tidak berpolitik praktis. Terlebih Menteri dalam negeri (Mendagri) sudah mewanti, berikan teguran kepada Kepala Daerah terkait banyaknya pelanggaran ASN.

“Mendagri sudah berikan teguran pada kepala daerah, terkait ketidaknetralan ASN, sinyal itu mestinya ditanggapi positif di momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), agar ASN lebih profesional dan tidak berpihak kepada kepentingan kampanye politik,” ungkapnya pada Rabu (04/10/2020).

BACA JUGA: DKPP Periksa Bawaslu Tangsel Terkait Dugaan Pelanggaran Kode Etik

Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Tinggimoncong, Tombolopao, dan Bajeng, Avol sapaannya, menambahkan, ASN tetap mempunyai hak politik tapi tidak diperkenankan terlibat dalam proses kampanye.

“Hak Politik ASN memang tidak dicabut, namun dilarang terlibat kampanye politik praktis, sesuai dengan UU ASN  Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Pasal 71 UU  Nomor 10 Tahun 2016.” Tambahnya. 

Perlu bijak diketahui bahwa ASN itu abdi negara, bukan abdi politisi tutupnya.(EJP/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.