ASN Lebak Yang Nekat Mudik Akan Dijatuhi Sanksi Hingga ke Pemecatan

  • Whatsapp
Ilustrasi: ASN di Lebak dilarang mudik.

LEBAK, REDASKI24.COM – Aparatur Sipil Negara (ASN) di ruang lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak yang nekat mudik di tengah pandemi Covid-19 akan dijatuhi sanksi berupa teguran, pemotongan gaji hingga ke pemecatan

Kepala Bidang Pembinaan dan Data Informasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Lebak, Wiwin Budhayarti mengatakan, sanksi tegas tersebut akan diberlakukan kepada seluruh ASN, dengan tujuan untuk mengatisipasi penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

Hal itu tercantum dalam Surat Edaran (SE) yang ditandatangani oleh Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya nomor 060/813-ORG/2020, tentang Libur dan cuti bersama Hari Raya IdulFitri 1441 Hijriah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebak.

” Larangan mudik Lebaran 2020 juga sudah tertuang dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pan-RB) Tjahjo Kumolo melalui Surat Edaran Menpan-RB No 41/2020 tertanggal 6 April,” kata Wiwin kepada Redaksi24.com, Rabu (20/5/2020).

Dikatakannya, ASN yang melanggar ketentuan tersebut dapat dikenai hukuman disiplin kategori sedang hingga berat sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53/2010, tentang Disiplin PNS. Adapun ancaman terberat yakni diberhentikan secara tidak hormat sebagai abdi negara.

Berdasarkan PP tersebut tambahnya, sanksi untuk pelanggaran disiplin sedang terdiri dari penundaan kenaikan gaji berkala selama 1 tahun, penundaan kenaikan pangkat selama 1 tahun, dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 1 tahun.

Sementara sanksi berat berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun, penurunan jabatan setingkat lebih rendah, pencopotan dari jabatan, pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri, sampai pemberhentian tidak dengan hormat.

Untuk itu, kata Wiwin, dirinya mengimbau agar para ASN di Pemkab Lebak wajib mematuhi peraturan larangan mudik guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.