Aplikasi SPSE Serta Akun Pokja RRI di Hack, Pengumuman Pemenang Proses Tender Proyek Ratusan Miliar Belum Belum Bisa Diumumkan

oleh -
Aplikasi SPSE Serta Akun Pokja RRI di Hack, Pengumuman Pemenang Proses Tender Proyek Ratusan Miliar Belum Belum Bisa Diumumkan

JAKARTA,REDAKSI24.COM – Proses tender sebuah proyek bernilai ratusan miliar yang tengah dilaksanakan secara Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) diretas pihak tak bertanggung jawab, pada Rabu, (19/5/2021). Tidak hanya itu, tindak peretasan juga terjadi terhadap akun Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan, dimana ada 3 (tiga) akun Pokja yang diretas pada Rabu 19 Mei 2021 kemarin.

Berdasarkan informasi yang diperoleh melalui https://lpse.lkpp.go.id/eproc4/pengumuman/2757119 terdapat pengumuman peretasan akun pokja (Revisi) yang tertuang dalam surat, PENGUMUMAN TINDAK PERETASAN AKUN POKJA NOMOR : 13.1/PJK-RRI/MBC-CMG/2021 PAKET PEKERJAAN PEMBANGUNAN SARANA PRASARANA MULTIPLATFORM BROADCAST CENTER.

BACA JUGA: Peserta Munas Persada.Id Diajak ke KPK dan RRI

Dalam surat tersebut dijelaskan, Pokja Jasa Konsultansi dan Jasa Sewa-Sewa serta Jasa Lainnya/Pekerjaan Konstruksi Kantor Pusat Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) tengah melakukan proses tender Pekerjaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Multiplatform Broadcast Center dengan Total HPS Rp. 166.002.267.328,56 (Seratus enam puluh enam milyar dua juta dua ratus enam puluh tujuh ribu tiga ratus dua puluh delapan koma lima puluh enam rupiah) kode tender : 7405119, dengan ini diumumkan hal-hal sebagai berikut sebagai berikut :

  1. Pada hari Minggu tanggal 16 Mei 2021, Pokja Pemilihan menemukan adanya tindak peretasan terhadap aplikasi SPSE oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dimana hasil evaluasi administrasi dan teknis pokja telah berubah. Salah satu perusahaan yang gugur di tahapan evaluasi administrasi dan teknis dan telah dituangkan dalam evaluasi secara aplikasi SPSE berubah menjadi lulus. Pokja Pemilihan juga telah mengupload Berita Acara Evaluasi Administrasi dan Teknis Nomor : 09.1/PJK-RRI/MBC-CMG/2021 tanggal 7 Mei 2021 di Aplikasi SPSE. Pokja Pemilihan telah melaporkan tindak peretasan tersebut ke LKPP dengan Surat Nomor : 11.1/PJK-RRI/MBC-CMG/2021 tanggal 17 Mei 2021, dan saat ini masih dalam penanganan pihak LKPP.
  2. Pada hari Rabu tanggal 19 Mei 2021 kembali terjadi tindak peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab terhadap akun pokja Pemilihan, dimana ada 3 (tiga) akun pokja yang telah diretas dan menyatakan seolah-olah telah dilakukan penetapan pemenang tender oleh pokja pemilihan dengan menggunakan 3 (tiga) akun Pokja yang telah dibobol (di hack).
  3. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, Kelompok Kerja Jasa Konsultansi dan Jasa Sewa-Sewa serta Jasa Lainnya/Pekerjaan Konstruksi Kantor Pusat LPP RRI menyatakan belum melakukan penetapan Pemenang atas Tender Pekerjaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Multiplatform Broadcast Center karena masih menunggu perubahan (normalisasi) terhadap hasil evaluasi secara aplikasi SPSE yang diretas.

“Demikian Pengumuman ini disampaikan, agar para pihak yang berkepentingan menjadi maklum adanya,” ujar Amir Hasan, Ketua Pokja  Jasa Konsultansi dan Jasa Sewa-Sewa Serta Jasa Lainnya/Pekerjaan Konstruksi Kantor Pusat LPP RRI dalam keterangan tertulis Rabu 19 Mei 2021. (Danang/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.