Antisipasi Virus Corona, Disnakertrans Lebak Panggil 12 Perusahaan Yang Memperkerjakan Warga Cina

  • Whatsapp
Disnakertrans Lebak
Disnakertrans Paggil 12 perusahaan di Lebak.

LEBAK, REDAKSI24.COMDinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lebak memanggil 12 perusahaan yang berada di Kabupaten Lebak guna menghadiri rapat koordinasi kewaspadaan virus Corona di Aula Disnakertrans Lebak, Rangkasbitung.

Rapat tersebut dihadiri oleh HRD dan perwakilan dari perusahaan yang mempunyai Tenaga Kerja Asing (TKA) dalam ruang lingkup perusahaannya, dan juga Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak.

Bacaan Lainnya

” Kita panggil 12 perusahaan yang menggunakan jasa TKA untuk membangun kewaspadaan dan pencegahan masuknya virus Corona di Kabupaten Lebak,” kata Kepala Disnakertrans Lebak, Tajrudin kepada Redaksi24.com, Selasa (4/2/2020).

Tajudin menjelaskan, jumlah TKA yang bekerja di 12 perusahaan di Kabupaten Lebak per bulan Januari 2020 tercatat sebanyak 284 orang. Dari 284 TKA tersebut didominasi oleh TKA Cina yang bekerja di PT Cemindo Gemilang dan juga PT Sinoma Bayah.

” Memang paling banyak itu ada di PT Cemindo dan Sinoma. Adapun di perusahaan lainnya paling satu dua orang, lainnya berasal dari Korea dan Vietnam,” katanya.

Ia mengungkapkan, dalam rapat tersebut juga dibahas penanganan jika ditemukan TKA yang terinfeksi virus Corona. Selain itu, para perusahaan juga diminta untuk menyediakan klinik kesehatan di internal perusahaan dan juga melakukan kerjasama dengan unit pelayanan kesehatan seperti rumah sakit atau Puskesmas.

” Alhamdulillah semuanya sudah memiliki klinik dan juga sudah melakukan kerjasama dengan rumah sakit, sehingga ketika ada yang mengalami hal-hal yang berkaitan dengan virus Corona langsung berkoordinasi dengan Dinkes Lebak,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Lebak Dr Firman Rahmatullah mengatakan, pihaknya telah menerima laporan bahwa terdapat 4 TKA yang berasal dari Tiongkok pada tanggal 20 Januari kemarin datang ke Kabupaten Lebak. Ke 4 TKA tersebut telah mengalami pemeriksaan dan dinyatakan negatif dari virus Corona tersebut.

” Mereka sudah mengalami pemeriksaan di bandara dan dinyatakan lolos. Kami juga terus memantau kondisi mereka selama beberapa hari dan Alhamdulillah tidak adanya peningkatan suhu ataupun gejala lainnya,” kata Firman.

BACA JUGA:

Waspadai Virus Corona, Disnakertrans Pantau TKA di Lebak

Dinkes Lebak Waspadai Ancaman Virus Corona

Ia mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya laporan dari masyarakat maupun para TKA yang mengalami gejala-gejala virus Corona.

Ia juga mengimbau kepada para perusahaan agar secara aktif melaporkan kondisi TKA di ruang lingkup perusahaannya dan menyediakan klinik maupun bekerjasama dengan unit pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit maupun Puskesmas dan juga berkoordinasi dengan Dinkes Lebak serta pihak lainnya untuk melakukan pencegahan virus tersebut.

” Kita harap para perusahaan melalui Disnakertrans Lebak dapat terus melaporkan kondisi para TKA setiap minggunya, sehingga kami dapat melakukan pemantauan bahkan pencegahan jika ditemukan gejala dari virus tersebut,” pungkasnya.(Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.