Antisipasi Corona, Dindik Kota Cilegon Wajibkan Wastafel di Setiap Sekolah

  • Whatsapp
wastafel sekolah
Seorang murid salah satu SD di Kota Cilegon memanfaatkan wastafel unbtuk mencuci tangan usai beraktivitas.

CILEGON, REDAKSI24.COM – Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon, Ismatullah, memberikan himbauan kepada seluruh sekolah, agar menunda kegiatan outhing class atau kegiatan pendidikan di laur kelas. Tujuannya untuk mengantisipasi penularan virus Corona.

“Ada beberapa instruksi yang disampaikan ke sekolah-sekolah, salah satunya untuk menggeser waktu-waktu kegiatan seperti outing class. Saya minta kegiatan itu digeser ke bulan yang akan datang. Apalagi sekarang sudah siap menghadapi ujian nasional,” kata Ismatullah, saat ditemui di kantornya, Jumat (13/3/2020).

Bacaan Lainnya

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada sekolah yang akan melakukan perjalanan jauh seperti ke luar daerah, agar memiliki kelengkapan yang tepat, salah satunya adalah masker. Juga meminta kepada sekolah agar lebih berhati-hati dan tanggap terhadap segala hal yang menyangkut penyebaran virus Corona.

“Jadi, masker itu harus ada, apalagi saat menuju ke lokasi tertentu yang sifatnya tempat rekreasi. Perkumpulan massal juga harus dihindari sekarang ini,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, salah satu upaya yang harus dilakukan pihak sekolah adalah menyiapkan wastafel untuk siswa cuci tangan. “Saya sudah keliling, ada beberapa sekolah yang tempat cuci tangannya rusak sehingga harus perbaiki. Sudah banyak kepala sekolah yang merespons terkait penyediaan wastafel,” tambahnya.

Dia juga mengatakan, sudah ada edaran tentang wastafel yang bisa dibeli menggunakan dana BOS. Karena dalam rangka mendukung program pemerintah, khususnya dinas kesehatan dan Kemendikbud untuk mengimbau warga sekolahnya untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

BACA JUGA:

. Duh, Sosialisasi Kewaspadaan Dini Bagi OPD Kota Cilegon Sepi Peserta

. Hasil Pemeriksaan 5 ASN Kota Cilegon Dilaporkan ke Bawaslu RI

. Wajah Lama Dominasi Peserta Tes Calon PPS se Kota Cilegon

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon, dr Arriadna mendorong agar seluruh sekolah memiliki sarana cuci tangan. Hal itu penting guna mencegah merebaknya virus corona.

“Kalau yang belum ada tinggal dibikin dengan dana BOS. Kan bisa juga ajukan ke industri lewat CSR,” kata dr Arriadna.

Ia juga menjelaskan, merebaknya virus corona sudah menjadi atensi seluruh daerah di Indonesia termasuk Kota Cilegon. Pihaknya mengaku akan mengajukan kepada Wali Kota Cilegon untuk membuat surat edaran ke seluruh lapisan masyarakat guna mencegah penyebaran virus corona.

“Karena dari kasus yang ada di Jakarta itu yang sudah positif, salah satunya orang yang tidak bertemu dengan siapa-siapa, bukan juga dari negara asing, tidak juga habis traveling, tapi dia positif. Artinya, virus itu sudah ada dan harus diwaspadai,” tegasnya.(Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.