Antisipasi Banjir di Tengah Pandemi BPBD Kota Tangerang Tambah Posko Penampungan dan Armada Perahu

  • Whatsapp
BPBD Kota Tangerang

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM-Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan persiapan penanganan banjir, dengan memperbanyak posko penampungan dan menambah peralatan evakuasi untuk penanggulangan banjir di tengah pandemi Covid-19.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan, persiapan penanganan banjir kali ini akan berbeda dari tahun sebelumnya, lantaran bersamaan pencegahan penularan Covid-19. “Ya pastinya di lapangan protokol kesehatan dikerjakan. Harus pakai masker, terus ketika istirahat, makan, tidak berkumpul dan sebagainya,” kata Arief di Gedung Balai Kota Tangerang.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Tangerang Deni Koswara menambahkan, jumlah tenda pengungsian korban banjir yang dipersiapkan akan dua kali lipat lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Yang pertama untuk posko kami tambah. Artinya dua kali lipat jumlahnya dari yang kemarin. Kami sudah dapat dari kecamatan, kalau misalnya kemarin delapan, sekarang jadi enam belas,” ungkapnya. 

BPBD Kota Tangerang

Dengan begitu, lanjut Deni, jumlah pengungsi yang berada dalam satu tenda bisa dibatasi sesuai protokes pencegahan Covid-19, khususnya jarak fisik antar orang tetap bisa diterapkan. “Kalau dulu satu tenda bisa 30 sampai 40 orang, paling sekarang 20 orang,” tukasnya. Dijelaskan Deni, selain itu BPBD Kota Tangerang juga akan menambah armada perahu untuk evakuasi korban banjir dan mewajibkan petugas menggunakan alat pelindung diri (APD) saat penyelamatan. “Kami tambah juga untuk perahu, yang biasa kami pakai untuk enam orang, nanti hanya empat, karena tetap kija harus jaga jarak dan pakai APD lengkap,” tuturnya.

Deni berharap semua itu dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus corona  di tengah penanggulangan banjir. “Semoga tidak terjadi penularan saat kami melakukan penanganan banjir ya,” kami minta semua pihak terkait dapat membantu BPBD,” harapnya. (Adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.