Angkat Budaya Baduy, Film Ambu Raih 2 Penghargaan FFB 2019

  • Whatsapp
Film Ambu raih FFB 2019.

BANDUNG, REDAKSI24.COM– Film Ambu yang di sutradarai oleh Farid Dermawan berhasil memboyong dua penghargaan pada Festival Film Bandung (FFB) 2019 yang digelar di Parahiyangan Convention, Bandung, Jum’at (22/11/2019) malam.

Perhargaan tersebut didapatkan lantaran Film Ambu dinilai telah sukses menyampaikan ragam kebudayaan yang ada di Kabupaten Lebak, khususnya di wilayah suku adat Baduy. Hal tersebut terbukdi dengan dua penghargaan yang berhasil diperoleh yakni penghargaan pada kategori Film yang bermuatan kearifan lokal dan kategori Pemeran Pembantu Wanita Terpuji yang diperankan oleh Endita Wisiono.

Bacaan Lainnya

Dalam rilisnya yang diterima Redaksi24.com, Sutradara Film Farid Dermawan mengatakan, dirinya merasa bangga atas perolehan kedua penghargaan tersebut. Pasalnya, melalui film tersebut dirinya dan kru film lainnya telah berhasil memperkenalkan kebudayaan Kabupaten Lebak kepada dunia luar.

Ia mengungkapkan, sosok Hapsah sendiri, merupakan seorang warga asli Baduy dengan segala kepolosannya, yang diperankan oleh Endita Wibisono berhasil menyampaikan pesan kepada publik tentang keramahaan, kepedulian dan jiwa sosial masyarakat Baduy yang tetap bersahaja di jaman sekarang ini mendapatkan penghargaan sebagai pemeran pembantu wanita terpuji.

“Ini bukan soal siapa yang dapat penghargan, tapi ini soal kebanggaan atas warisan luhur budaya daerah yang sarat dengan pesan moral tentang bagaimana menghargai sesama mahluk hidup, berdampingan harmonis dengan alam,” kata Produser Film Ambu, Farid Darmawan.

BACA JUGA:

Mampu Melestarikan Aturan Adat, Ketua Pengadilan Tinggi Banten Kagumi Suku Baduy

Upacara Seba Baduy : Sebuah Perjalanan Politik Masyarakat Adat Sunda Wiwitan (Bagian 1)

Sementara Film Ambu sendiri, kata Farid yang juga suami Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, Film Ambu mendapatkan penghargan khusus sebagai film yang bermuatkan kearifan lokal.

Menurutnya, dalam Film Ambu ini hampir separuh lebih mengangkat budaya dan exotisme Alam Kabupaten Lebak yang begitu indah dan mengagumkan.

“Selamat kepada seluruh Tim Film Ambu atas raihan pada Festival Film Bandung 2019 dan terimakasih telah mendelivery adat budaya kebanggaan kami kepada publik, semoga Film Ambu mendapatkan raihan penghargaan lainnya,” tukasnya. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.