Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana Ajak Semua Elemen Gotong Royong Pulihkan Perekonomian Yang Hancur Akibat Pandemi COVID-19

oleh -
Kemenperin, WUB IKM, Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana, Kabupaten Tangerang,
Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana saat memberikan sambutan dalam Bimtek WUB IKM untuk Warga Kabupaten Tangerang, yang digelar Kemenperin di Hotel GWR Horison, Kota Tangerang,Senin, (5/4/2021) .

TANGERANG,REDAKSI24.COM–Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana mengajak semua elemen bangsa untuk bergotong royong dalam memulihkan perekonomian nasional.  Salah satu langkah yang bisa dilakukan menurut Ananta adalah dengan mendorong terciptanya wirausaha baru (WUB) khususnya di sektor Industri Kecil Menengah (IKM). 

“Kita Harus Bangkit dari pandemi COVID-19. Kita bisa bangkit mulai dari lingkungan terkecil dari dapur kita masing-masing salah satunya dengan menjadi wirausahawan baru dalam acara bimbingan teknis (Bimtek) WUB IKM untuk Warga Kabupaten Tangerang, yang digelar Kementrian Perdagangan dan Perindustrian (Kemenperin) di Hotel GWR Horison, Kota Tangerang,Senin, (5/4/2021) 

Menurut Ananta, dari data yang ada, akibat pandemi COVID-19 ini angka kemiskinan di Indonesia meningkat hingga 10,9 persen. Kenaikan angka yang sangat cepat teebut jelas Ananta disebabkan banyaknya warga yang kehilangan pekerjaanya sehingga tidak lagi memiliki pendapatan.

Karena saat ini banyak perusahaan yang terpuruk akibat pandemi ini maka salah satu jalan adalah dengan kreatif menciptakan peluang usaha baru.

“Banten memiliki potensi besar untuk menciptakan wirausaha baru, karena 50 persennya penduduknya berusia produktif,dan 40 persen dari mereka yang berusia produktif tersebut bekerja di sektor IKM,” jelas politisi PDIP ini.  

Untuk itu menurut Ananta, dirinya sangat mendukung dengan adanya kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi para IKM termasuk kegiatan yang digelar Kemenperin ini karena bisa meningkatkan kemampuan para calon atau yang sudah menjadi pelaku IKM.

“Kegiatan ini bisa menjadi salah satu upaya memberdayakan masyarakat dari yang belum bekerja atau sudah bekerja namun belum optimal usaha menjadi wirausahawan baru,” tutur Ananta.

BACA JUGA: Anggota Komisi VI DPR RI Ananta Wahana, Minta Peristiwa Kebakaran Kilang Minyak Balongan Diselidiki Secara Detail

Plt. Dirjen IKM Pangan, Furniture dan Bahan Bangunan pada Kemenperin  E. Ratna Utarianingrum menjelaskan potensi IKM  di Indonesia sangat besar, tercatat ada lebih dari 4 juta pelau IKM dengan melibatkan tenaga kerja lebih dari 10 juta. 

“Ini potensi yang layak dikembangkan karena keterlibatan banyak tenaga kerja. Untuk itu Pemerintah akan siap memberikan berbagai stimulus untuk mendukung berkembangnya IKM,” kata Ratna melalui teleconference.

Untuk itu menurut Ratna dengan dukungan Komisi VI DPR RI khususnya Ananta Wahana, Kemenperin siap mengakomodir para WUB IKM, salah satunya dengan memberi kemampuan dan memfasilitasi alat untuk memajukan perekonomian di Kabupaten Tangerang.

“Kami sangat terbuka untuk mendengar masukan dari palaku IKM untuk bagaimana cara agar bisa berkembang dan sukse,” pungkasnya. (Hendra)

  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.