Anggota DPR RI Ananta Wahana Sosialisasikan 4 Pilar, Membumikan Pancasila Hingga Tekankan Gotong Royong

  • Whatsapp
Anggota DPR RI Ananta Wahana
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Banten III, Ananta Wahana lakukan sosialisasi empat pilar MPR RI.

TANGERANG SELATAN, REDAKSI24.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Banten III, Ananta Wahana melakukan sosialisasi empat pilar MPR RI di sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Tangerang Selatan, Lengkong Gudang, Serpong, Sabtu (20/6/2020).

Ananta mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan untuk membumikan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar MPR RI tersebut kepada para kader PDI Perjuangan

Bacaan Lainnya

“Empat pilar yang dimaksud yakni Pancasila yang merupakan pondasi hidup kita sebagai ideologi bernegara, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 sebagai dasar konstitusi bernegara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara berdaulat, dan Bhineka Tunggal Ikha sebagai filosopi keberagaman,” kata Ananta.

Kegiatan yang dihadiri oleh para perwakilan anak cabang (PAC) itu diselenggarakan dengan protokol kesehatan Covid-19. Yakni semua peserta diwajibkan cuci tangan pakai sabun, pengecekan suhu tubuh, wajib menggunakan masker dan menjaga jarak. 

Anggota Komisi VI DPR RI itu menerangkan, sosialisasi 4 pilar dilakukan untuk menyelaraskan antara pengetahuan materi dan implementasi nilai yang terkandung di dalamnya.

 “Peta di luar itu perlu jawaban, bahwa Pancasila itu sebagai dasar negara harus menjadi moral individu dan negara. Karena banyak yang hanya baru mengenal istilah Pancasila, tapi operasionalnya itu belum nyambung. Pengurus partai dan para kader ini kan nanti ada di lapangan. Sosialisasi ini menjadi bekal untuk menghadapi polemik di masyarakat,” terang Ananta.

Politisi PDI Perjuangan itu berharap, para kader dapat membumikan ajaran Bung Karno salah satunya Pancasila. Setiap silanya sudah jelas terkandung tentang Ketuhanan yang Maha Esa, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadialan dengan formulasi yang tepat sesuai dengan aline ke IV pembukaan UUD 1945.

“Misalnya saat menghadapi Covid-19 ini, banyak masyarakat yang mengalami mutasi ekonomi ke bawah. Tadinya orang mampu mungkin kini tidak mampu, yang tadinya miskin jadi sangat miskin. Maka itu, kita harus ambil bagian turut membantu bergotong royong meringankan beban saudara kita dengan kemampuan yang kita miliki,” tutup Ananta, Pengasuh Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis. 

Di tempat yang sama, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang Selatan Wanto Sugito mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, sosialisasi 4 pilar sangat penting untuk me-refresh pengetahuan terutama tentang ideologi negara dan implementasinya. 

“Empat pilar ini sebagai pijakan dasar. Kalau kita tidak memahami ideologi sendiri, bagaimana kita akan mempraktekannya. Ini sebagai charge cara berpikir para kader, tidak boleh bosan mendengar sosialisasi ideologi Pancasila karena itu berkaitan dengan praktek kehidupan berbangsa dan bernegara. Saya sangat apresiasi. Ini sangat penting untuk dipahami semua kader di Tangerang Selatan,” kata Wanto.

Wanto berharap, para kadernya terus berkomitmen menjalankan ajaran Bung Karno dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari.

“Bahwa setelah menguasai materinya, implementasinya juga penting. Misalnya menghidupkan gotong royong atau ada yg punya kemampuan lebih saling membantu masyarakat yang membutuhkan, terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya. (wvyh/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.