Anggota DPR RI Ananta Wahana Ajak Milenial Melek Pancasila

oleh -
dpr, ri, ananta, wahana, kri, nanggala 402, insiden
Anggota DPR RI Ananta Wahana berharap 53 prajurit KRI Nanggala 402 yang gugur bisa segera ditemukan. Foto: Ananta Wahana/Dok-R24.

JAKARTA, REDAKSI24.COM–Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Ananta Wahana mengajak generasi milenial untuk melek Pancasila sebagai ideologi bangsa dalam segala aspek kehidupan.

Ananta menganggap penting untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan melalui pemahaman ideologi Pancasila di kalangan generasi tersebut, guna menangkis berbagai faham global terutama radikalisme dan intoleransi yang dapat merusak keutuhan bangsa.

Apalagi, imbuh Ananta, jumlah generasi milenial saat ini diperkirakan mencapai 25 persen dari jumlah penduduk di Indonesia atau sekitar 54 juta jiwa, dan setengah dari jumlah itu rentan terpapar paham radikalisme.

“Kita harus berikan penguatan ideologi Pancasila kepada kaum milenial. Mereka cukup strategis menentukan nasib bangsa ke depan,” ujar Anggota DPR RI Ananta Wahana, di Jakarta, Senin (19/4/2021).

“Dan kita harus bentengi milenial dari paparan paham radikalisme, intoleransi, dan paham lain yang dapat menghancurkan keutuhan bangsa,” imbuhnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menegaskan, sangat berbahaya jika generasi milenial tidak mengerti ideologi bangsanya. Indonesia ini dibangun dengan sejarah dan dasar negara.

“Sehingga milenial kita sasar supaya kenal dan paham dengan ideologi bangsa ini,” ucapnya.

 

Harus konkrit

Menurut Anggota DPR RI Ananta Wahana, implementasi ideologi Pancasila harus ditegakan secara konkrit, tidak hanya sekadar teori atau dalam seminar saja. Sehingga menanamkan nilai kebangsaan kepada generasi milenial itu pun harus dengan contoh nyata yang ada di masyarakat.

“Dengan pendekatan kehidupan nyata di masyarakat, diharapkan milenial memiliki tanggungjawab terhadap lingkungannya. Juga mereka mengerti gotong royong, peka terhadap masalah sosial, mau peduli dan berbagi serta contoh lainnya,” cetusnya.

Dia melanjutkan, untuk itu, kecintaan terhadap negara harus terus ditumbuhkan pada generasi milenial, dengan cara mengajak mereka untuk menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Ideologi Pancasila adalah pandangan atau nilai-nilai luhur budaya dan religius yang digunakan bangsa Indonesia,” tambah Ananta.

Kata dia, nilai dasar yang mencakup ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Kelima hal ini adalah pedoman fundamental yang sifatnya universal, mengandung cita-cita negara.

“Ini pentingnya, mengajak generasi itu melek Pancasila. Agar mereka juga tahu, sejarah negara ini didirikan, dan apa tujuannya,” imbuh politisi PDI Perjuangan Ananta Wahana.

Anggota DPR RI Komisi VI itu menegaskan, Pancasila bisa hidup dalam segala keadaan yang terjadi di Indonesia. Untuk itu, betapa pentingnya penyadaran bagi generasi milenial untuk mengaktualisasikan ideologi pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (ejp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.