Anggaran Normalisasi Danau Hutan Kota Tumenggung Capai Rp 485 Juta Lebih

  • Whatsapp
Normalisasi

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Guna memaksimalkan fungsi danau buatan yang ada di kawasan Puspem Kabupaten Tangerang, Pemkab Tangerang melalui Dinas Bina Marga tengah melakukan normalisasi pada Danau Hutan Kota Tumenggung. Pengerjaanya dilakukan dengan cara mengeruk permukaan danau lebih dalam di bagian depan bendungan danau (Dam), Kamis (19/9/2019).

Pengerukan dilakukan dengan menggunakan excavator yang diterjunkan ke lokasi untuk mengangkat lumpur pada danau yang memiliki luas sekitar 5000 meter persegi dengan kedalaman mencapai lebih dari 5 meter. Diharapkan dengan adanya normalisasi danau tersebut akan dapat menampung air lebih banyak pada saat musim penghujan tiba.

Bacaan Lainnya

“Jadi nanti danau Tumenggung bisa menampung air lebih banyak terutama pada musim penghujan,” ungkap Kepala Bidang Perencanaan Tekhnis Bina Marga Kabupaten Tangerang, Lukman Arianto, kepada Redaksi24.com

Lebih lanjut ia mengatakan, tak hanya melakukan normalisasi, pihaknya juga tengah membuat jalur pendestrian di sekeliling tepi danau sebagai fasilitas umum bagi para pejalan kaki.

“Ya sedang dibuat jalur pendestrian, tapi terkait konsep taman atau yang lainnya silahkan tanya ke bidang yang lain,” kata dia.

BACA JUGA:

Pemkab Tangerang Evaluasi Penegakan Perbub 47 Yang Belum Maksimal

Bapenda Kabupaten Tangerang Pasang Alat Penyadap Teller

Normalisasi danau itu juga mendapat respon positif dari para warga yang biasa datang ke Danau Hutan Kota Tumenggung. Selain akan lebih tertata rapih fungsi danau sebagai tempat penampungan air hujan dapat memininalisir banjir di kawasan Puspem Kabupaten Tangerang pada saat musim penghujan.

“Kami dan warga lainnya pasti sangat mendukung,. Selain danau ini lebih tertata, juga menjadi spot mancing favorit,”  ungkap Fahmi Idris salah seorang warga.

Sementara itu, dari pantauan pada papan anggaran di lokasi. Normalisasi Danau Hutan Kota Tumenggung akan dikerjakan oleh pihak swasta selama 90 hari dengan total mencapai Rp485.178. 519, 15 yang bersumber dari APBD 2019. (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.