Anggaran Covid-19 Kota Cilegon Baru Terserap 25 Persen dari Rp74 Miliar

  • Whatsapp
anggaran covid-19 cilegon
Ilustrasi - Kota Cilegon mengalokasikan Rp74 miliar untuk penanganan Covid-19.

CILEGON, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon mengklaim telah merealiasikan anggaran percepatan penanganan corona virus disease atau Covid-19. Sejauh ini, anggaran Covid-19 di daerah berjuluk  kota baja itu, baru terserap 25% dari jumlah kesluruhan sebesar Rp74 Miliar.

“Hingga saat ini dari total Rp74 miliar BTT (biaya tak terduga) yang dianggarkan Pemerintah Kota Cilegon, telah digunakan sebesar kurang lebih kurang lebih 25%,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon, Aziz Setia Ade kepada Redaksi24.com, Jumat (17/7/2020).

Bacaan Lainnya

Lanjutnya, anggaran Covid-19 tersebut disalurkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Dinas Kesehatan (Dinkes) mendapat Rp11,5 Miliar, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rp200 juta dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Rp560 juta.

Kemudian ada Dinas Perhubungan (Dishub) yang mendapat jatah Rp 406 juta, Dinas Sosial (Dinsos) Rp 12 Miliar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rp3 Miliar serta Dinas Kominfo Sandi dan Statistik (DKSS) Rp750 juta.

BACA JUGA: Sudah Sedot Rp200 Miliar, Proyek Sport Center Kota Cilegon Mangkrak

Penggunaan anggaran Covid-19 untuk Dinkes Kota Cilegon, kata Aziz, diantaranya pengadaan larutan disinfektan, pengadaan bahan medis habis pakai (BMHP) dalam penanggulangan Covid-19 dan pengadaan thermogan.

“Sedangkan penggunaan anggaran untuk DLH Kota Cilegon diantaranya penanganan dampak Covid-19 untuk petugas kebersihan,” jelasnya.

Lanjut Aziz, penggunaan anggaran DKPP untuk Penanganan Covid-19, Dishub Kota Cilegon untuk bantuan langsung tunai (BLT) ojek pangkalan, ojek online dan sopir angkot. Sedangkan Dinsos untuk penyediaan paket sembako, bantuan sembako dan uang tunai, oprasional distribusi beras kedaruratan, bantuan operasional Tagana/Relawan dan bantuan masyarakat terdampak covid-19 lainnya..

“Anggaran BPBD Kota Cilegon untuk kesekretariatan dan DKSS Kota Cilegon untuk sosialisasi dan publikasi penanganann Covid-19,” imbuh Aziz.

Selain menjelaskan penggunaan anggaran BTT,  Aziz juga menyampaikan perkembangan dan kondisi terkini penanganan Covid-19 di Kota Baja.

“Hingga saat ini upaya terbaik terus kami lakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Cilegon dan untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Cilegon sudah sembuh semua,” tandasnya.(Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.