Amankan Pilkades Serentak, Polres Pandeglang Terjunkan 540 Personel

  • Whatsapp
pengamanan pilkades
Kapolres Pandeglang, Polda Banten, AKBP Sofwan Hermanto.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Jajaran Polres Pandeglang akan menerjunkan sebanyak 540 personel dalam menjaga keamanan dan ketertiban proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pandeglang yang akan digelar 15 Desember mendatang.

Dari jumlah personel sebanyak itu, akan dibagi menjadi dua bagian, diantaranya sebanyak 200 personel akan dikerahkan untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan 340 personel dikerahkan untuk pengaman di desa-desa yang menggelar Pilkades.

Bacaan Lainnya

Kapolres Pandeglang, AKBP Sofwan Hermanto mengatakan, pada saat hari pencoblosan Pilkades nanti di TPS akan siapkan 4 posko, dan setiap posko ditempatkan 50 personil. Kempat posko tersebut itu di Kecamatan Labuan, Cibaliung, Pandeglang dan Picung.

“Adapun untuk tiap desa kami siapkan 20 personil dalam satu desanya yang di luar posko,” ungkap AKBP Sofwan Hermanto, Selasa (26/11/2019).

BACA JUGA:

. Bakal Calon Kepala Desa di Pandeglang Mulai Jalani Tes

. Desember, 17 Desa di Pandeglang Gelar Pilkades Serentak

. Pilkades di Pandeglang Terapkan Sistem Pemilihan PAW

Lanjut Kapolres, pihak Kepolisian juga akan melakukan monitoring secara menetap dan melekat terhadap penetapan dan pengumuman Daftar Pemilih Tambahan (DPT), karena khawatir adanya data tidak akurat.

“Contoh data penduduk yang sudah meninggal dunia, kemudian data penduduk yang telah pindah termasuk data usia yang belum cukup umur masih masuk dalam DPT. Maka hal ini perlu kami dampingi, agar tidak ada kesalahan data, yang nantinya timbul masalah,” ujarnya.

Menurutnya, setelah ditetapkan dan diumumkannya DPT, maka kegiatan berikutnya adalah kampanye terbuka yang akan berlangsung selama tiga hari, yakni mulai dari tanggal 9 sampai 11 Desember 2019.

“Selama masa kampanye, kami akan melakukan patroli kepada para calon-calon kepala desa, para tokoh-tokoh dan kemudian tempat-tempat yang dijadikan perkumpulan dari beberapa pihak,” tuturnya.

Pihaknya juga akan memberikan imbauan kepada masyarakat, pada masa kampanye calon kepala desa, karena pihaknya menginginkan proses tahapan Pilkades hingga proses pemungutan suara berjalan dengan tertib.

“Kami ingin proses Pilkades di Pandeglang tertib dan berjalan lancar. Kami juga berharap nanti pasca Pilkades, tidak timbul konflik sosial,” harapnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.