Alumni Siswa Paket C di Pandeglang Dilatih Wirausaha

oleh -
paket c
Alumni siswa paket C PKBM Berkah Menes, Pandeglang, Banten mengikuti pelatihan wirausaha.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Para alumni siswa paket C PKBM Berkah Menes, Pandeglang, Banten dilatih berwirausaha melalui program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) di Gedung PKBM Berkah Kecamatan Menes, Pandeglang, Banten, Minggu (10/11/2019).

Sedikitnya, ada skitar 20 orang alumni siswa paket C, yang dibentuk 4 kelompok dalam pelatihan kewirausahaan tersebut. Dengan tujuan, agar para peserta mampu membuka peluang usaha di lingkungannya masing-masing.

Ditemui di lokasi, Titin Prihatini, tutor PKW mengatakan, dalam kegiatan ini para peserta dilatih memproduksi makanan ringan, yang nantinya bisa dikembangkan di lingkungannya masing-masing. Dengan begitu, kata dia, peserta mampu membuka usaha.

“Ada yang membuat kue bolu, serta makanan ringan lainnya. Nanti setelah kegiatan ini selesai, para peserta bisa membuka usaha,” ungkap Titin.

BACA JUGA:

. Lahan Eks Hak Guna Usaha Jadi Hak Milik Warga Pandeglang

. Pasar Jajanan Kaulinan Menes, Bangun Ekonomi Baru Warga Pandeglang

. Pengurus DKM dan Remaja Masjid di Pandeglang Ikuti Pelatihan Ekonomi Syariah

Menurutnya, PKW itu akan dilakukan selama kurang lebih satu bulan, hingga para peserta benar-benar mampu membuat berbagai makanan ringan untuk bisa dijual di masyarakat. “Supaya mereka punya usaha di rumahnya masing-masing. Maka jika sudah punya kemampuan nantinya bisa membuka usaha kuliner dan usaha lainnya,” katanya.

Dikatakannya, program PKW tersebut merupakan program dari pemerintah pusat, melalui Kementrian Pendidikan. Pesertanya kata dia, semua alumni paket C PKBM Berkah Menes. “Ada cara-cara khusus membuat olahan makanan ringan yang diberikan kepada peserta, bagaimana cara membuat makanan yang enak yang diminati banyak konsumen. Seperti membuat kue bolu, dengan takaran bahan bakunya harus sesuai,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Didin, salah seorang pengurus PKBM Berkah Menes, mengatakan, program PKW yang tengah dijalankan tersebut dari Kemendikbud RI. Kata dia, pesertanya adalah alumni paket C.

“Harapan kami agar para peserta ini setelah mengikuti kegiatan bisa membuka peluang usaha sendiri. Sehingga nantinya mereka tidak menganggur dan punya penghasilan, ” tuturnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.