Alokasi Dana Transfer Daerah Banten 2020 Turun Rp23 Miliar

  • Whatsapp
dana transfer ke daerah
Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten, Haryana.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Jumlah alokasi dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Provinsi Banten Tahun Anggaran (TA) 2020 mengalami penurunan sebesar Rp23 miliar. Pada tahun 2019, TKDD Provinsi Banten mencapai Rp17,06 triliun. Pada TA 2020 hanya mendapat Rp16.83 triliun, yang terdiri dari Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Intensif Daerah (DID) dan Dana Desa.

DBH Provinsi Banten pada TA 2020 dialokasikan sebesar Rp1,33 triliun, untuk DAU sebesar Rp8,8 triliun, DAK fisik sebesar Rp832,9 miliar, DAK non fisik Rp4,37 triliun, DID sebesar Rp356,38 miliar dan Dana Desa sebesar Rp1,12 triliun.

Bacaan Lainnya

Pada TA 2020, (DID) untuk Provinsi Banten mencapai Rp356,38 miliar yang diberikan kepada Provinsi dan delapan Kabupaten/Kota yang mempunyai kinerja baik dalam kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah.

“Pada tahun lalu hanya ada enam daerah yang mendapat DID, tapi pada tahun ini seluruh Kabupaten/Kota dan juga Provinsi mendapat DID,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim pada penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2020 kepada 43 Kementerian dan Lembaga (K/L) di Pendopo Gubernur Banten, Rabu (20/11/2019).

BACA JUGA:

. Soal Dana Desa Tahap II, DPMPD Pandeglang akan Tindak Kades Muruy

. DPRD Banten Dorong Penambahan Biaya Transfer ke Daerah

. Bank Banten Tidak Dapat Jatah APBD 2020

Pada tahun 2019, ada tiga daerah yang tidak mendapatkan DID yakni Pemprov Banten, Kota Serang dan Kabupaten Pandeglang. Hal tersebut dikarenakan kondisi kesehatan fiskal dan keuangan daerahnya kurang begitu baik.

Secara keseluruhan alokasi dana DIPA yang diterima Provinsi Banten sebesar Rp11,96 triliun ditambah TKDD sebesar Rp16,83 triliun, jadi total keseluruhan dana yang masuk dari APBN sebesar Rp28,79 triliun.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten, Haryana mengatakan, penyerahan DIPA dan TKDD ini lebih cepat dari biasanya, dengan harapan di awal tahun 2020 Pemda setempat sudah bisa menyalurkannya ke setiap satuan kerja masing-masing, sehingga pekerjaan pembangunan di Banten bisa bisa tercapai lebih cepat.

“Biasanya awal tahun, baru penyerahan, dilanjutkan penyusunan Juknis dan Juklak. sekitar bulan Maret baru bisa disalurkan. Tapi untuk tahun ini mudah-mudahan Awal tahun sudah bisa disalurkan, termasuk untuk alokasi tender fisik,” katanya.(Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.