Akun Facebook Humas Unma Banten Diduga Digunakan untuk Kampanye Negatif Pilkada Pandeglang

  • Whatsapp
akun facebook
Ilustrasi - Pintu masuk akun facebook.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Akun media sosial (Medsos) Facebook (FB) yang sebelumnya bernama Humas Universitas Mathla’ul Anwar (Unma) Pandeglang, Banten, kini diduga telah berubah nama menjadi Asep Goyonggong.

Nah, akun FB eks Humas Unma itu, diduga  telah disalahgunakan pihak tertentu untuk kepentingan politik pemenangan salah satu pasangan calon (Paslon) bupati-wakil bupati yang  bertarung dalam Pilkada Pandeglang 2020.

Bacaan Lainnya

Akun FB yang digunakan untuk kampanye negatif kepada salah satu Paslon tersebut tidak lagi menggunakan nama Humas Unma Banten. Tetapi sudah berubah menjadi atas nama Asep Goyonggong.

Dari hasil penelusuran wartawan Redaksi24.com di FB, akun itu masih meninggalkan jejak foto-foto kegiatan Unma Banten, dan jejak menandai dari teman pada akun itu, baik kegiatan Unma Banten maupun lainnya.

Dari jejak akun bernama Abz AziEs Nachrowie yang menandai akun itu, dapat mengetahui sebelum bernama Asep Goyonggong, akun itu bernama Humas Unma Banten, karena nama yang ditandai masih berwujud Humas Unma Banten, namun ketika diklik menjadi Asep Goyonggong.

BACA JUGA: Gara-Gara Ini, Ribuan Wanita Muda di Pandeglang Pilih Menjanda

Dalam beranda akun itu tidak sedikit kritikan kepada salah satu Paslon Bupati-Wakil Bupati. Bahkan, akun itu juga sempat berdebat dengan akun-akun pro terhadap Paslon dalam kolom komentar di salah satu akun facebook lainnya.

Akun itu menegaskan pada salah satu akun bernama Ahmad Lutfianto, “Oh politiknya itu orang2 Birokrasi ya? Pantes. Tapi walaupun begitu, kita akan tetap konsisten untuk nomer 2”. Selain itu, akun tersebut juga melecehkan profesi wartawan dengan tuduhan yang tidak mengenakan terhadap media mainstream.

Menanggapi hal itu, Humas Unma Banten, Gigin mengaku, selama ini di Humas Unma Banten belum pernah membuat akun facebook secara resmi. Adapun yang dikelola pihaknya dalam bentuk website.

“Selama ini kami tidak pernah bikin akun Facebook secara resmi. Kami mengelola website,” tegas Gigin saat dihubungi melalui telpon selurer, Selasa (6/10/2020).

Gigin mengaku pihaknya langsung melakukan pengecekan ketika mendapatkan informasi terkait akun tersebut. Dari hasil pengecekannya, dia mengakui akun atas nama Asep Gayonggong itu, sebelumnya akun Humas Unma Banten yang lama.

“Tapi sekarang Humasnya sudah keluar dari Unma. Kemungkinan itu nama akunnya diganti menjadi Asep itu,” katanya.

Gigin berjanji akan melayangkan teguran terhadap pihak yang mengelola untuk  menghapus nama Unma pada akun FB tersebut. “Akunnya juga agak menjurus (kepentingan politik), coba nanti saya konfirmasi kepada yang bersangkutannya supaya nama Unma-nya dihapus,” tuturnya.

Sementara itu, mantan Humas Unma Banten, EVa Sutihat mengaku, selama menjabat di kehumasan Unma Banten, pihaknya belum pernah membuat akun facebook dengan nama Humas Unma.

“Saya sudah tidak di bagian Humas lagi sejak tanggal 1 Oktober 2020 ini. Tapi informasi ini akan saya sampaikan kepasa Humas yang baru,” tandasnya.

Sampai diterbitkannya berita ini, wartawan Redaksi24.com masih menelusuri siapa mantan Humas Unma Banten yang disebut-sebut sudah tidak lagi bekerja di Humas Unma. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.