Aktivis Lingkungan Minta Longsor TPA Cipeucang Tangsel Ditindak Secara Hukum

  • Whatsapp
tpa cipeucang Tangsel Longsor
TPA Cipeucang, Kota Tangsel longsor menimbuin aliran Sungai Cisadane.

TANGERANG, REDAKSI24.COM – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Cipeucang di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) longsor. Akibatnya, sampah memenuhi aliran Sungai Cisadane.

Peristiwa yang terjadi pada Jumat (22/5/2020) itu, membuat geram aktivis lingkungan. Terlebih lagi sampah yang dibawa longsoran itu mengalir deras ke Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang melalui aliran Cisadane.

Bacaan Lainnya

Ketua Umum Koalisi Pemantau Plastik Ramah Lingkungan Indonesia (KPPL-I) Nasional, Puput TD Putra mengatakan, atas kejadian ini perlu ada peninjauan kembali TPA Cipeucang. “Desain ulang master plannya,” kata dia saat dihubungi Redaksi24.com Sabtu (23/5/2020).

Bahkan menurut dia, adanya kejadian ini seharusnya ada tindakan tegas yang dilakukan kepada pengelola TPA Cipeucang. Salah satunya yakni sanksi kepada pengelola.

“Harusnya ada sanksi hukum, perlu di tinjau dari berbagai sisi aspek hukumnya, bisa jadi ini faktor standar kualitasnya, ada pengurangan standar kualitas speknya,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Toto Sudarto, membenarkan kejadian tersebut. “Iya, seperti yang terlihat di foto, sebentar ya saya hubungi pihak terkait dulu, untuk hal ini,” tuturnya saat dikonfirmasi.

Sementara, dampak dari longsornya TPA tersebut membuat aliran Sungai Cisadane tercemar. Humas PDAM Tirta Benteng (TB) Kota Tangerang, Ichsan Sodikin mengaku, pihaknya bakal memantau terus kualitas air baku Sungai Cisadane. Dikhawatirkan akan merusak kualitas air bersih PDAM TB, dan berdampak pada air yang mengalir ke puluhan ribu pelanggan.

“Masih terus dipantau, sampai sore ini masih bagus,” ungkap Ichsan. (Iqbal/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.