Akibat Wabah Covid-19, Pilkada Serentak 2020 Diundur ke Tahun 2021

  • Whatsapp
Pilkada Serentak 2020
Ilustrasi Pilkada Serentak

TANGERANG, REDAKSI24.COM – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang dijadwalkan sebelumnya pada 23 September 2020 dipastikan akan mundur ke tahun 2021. Penundaan Pilkada serentak tak lain akibat dampak pendemi Covid-19 atau virus Corona yang tengah dihadapi bangsa.

Informasi mundurnya jadwal Pilkada serentak 2020 disampaikan Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar melalui akun instagram pribadinya yang diunggah pada Senin (30/3/2020) pukul 18.33 WIB.

Bacaan Lainnya

Pilkada Serentak 2020 diundur

Dalam postingan tersebut Fritz menyebut RDP Komisi II DPR RI, Mendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP sepakat menunda pilkada serentak dengan pemungutan suara 23 September 2020 ditunda sampai 2021 yang tanggalnya akan ditentukan kemudian.

Alasan yang akan digunakan sebagai payung hukum adalah Perpu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang).

Dana Hibah pemerintah untuk Pilkada yang telah ditandatangani dalam NPHD akan dikembalikan kepada Pemda untuk digunakan penanganan bencana non alam Covid-19.

Di Provinsi Banten sendiri terdapat 4 kabupaten dan kota yang akan melaksanakan Pilkada Serentak. Keempat wilayah yang akan menggelar pesta demokrasi tersebut adalah Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang.

Sejauh ini, sejumlah figur telah intens melakukan sosialisasi, termasuk membuka komunikasi dengan partai politik pemilik kursi di DPRD. Bahkan beberapa diantaranya telah mendapatkan rekomendasi dari partai yang akan mengusung di Pilkada.(Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.