Ajarkan Demokrasi, Pemilihan Ketua OSIS SMK Negeri 8 Kabupaten Tangerang Digelar Layaknya Pemilu

  • Whatsapp
Ketua OSIS SMK N 8 Kabupaten Tangerang

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM—SMK Negeri 8 Kabupaten Tangerang menggelar pemilihan Ketua OSIS periode 2020, Kamis (13/2/2020). Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya pemilhan Ketua OSIS kali ini dilakukan layaknya Pemilihan Umum (Pemilu) untuk memilih presiden, kepala daerah atau anggota legislatif. Para siswa secara bergantian ke bilik suara untuk mencoblos gambr pilihannya di kertas suara yang telah disediakan.

Kepala SMK Negeri 8 Kabupaten Tangerang Iman Sutarya menjelaskan pemilihan Ketua OSIS dengan melalui sistem Pemilu seperti yang digelar saat ini baru pertama kali digelar di SMK Negeri 8 Kabupaten Tangerang. Biasanya lanjut Iman, panitia door to door mendatangi tiap kelas untuk melakukan pemilihan.

Bacaan Lainnya

Pemilu Ketua Osis SMK Neger 8 Kabupaten Tangerang

Menurut Iman, cara pemilihan ketua OSIS seperti ini sangat bagus diterapkan di sekolahnya. Karena selain sebagai cara untuk mensosialisasikan tatacara Pemilu kepada para siswa sebagai pemilih pemula, juga mengajarkan cara berdemokrasi yang baik dan benar.

“Pemilu pemilihan ketua OSIS sabagai pembelajaran demokrasi sesungguhnya. Dan ini Pemilu “Not Money poltik” anti serangan fajar anti politik uang. Ini jurdil dan luber,” jelas Iman.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Negeri 8 Kabupaten Tangerang Samsudin menambahkan, karena pemilihan dilaksanakan secara serempak maka akan memiliki nuansa-nuansa demokratis sebagai implementasi pembelajaran demokrasi, sesuai dengan Permendikbud nomor 39 th 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, sebagai pembinaan demokrasi, pendidikan politik yang bersih dan jurdil.

“Kegiatan ini bisa juga sebagai pengaplikasian pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yg diajarkan di sekolah,” jelas Samsudin. (Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.