Aetra Tangerang Memuliakan Air untuk Peningkatan Taraf Kehidupan Masyarakat

oleh -
aetra tangerang, air bersih, hari air sedunia, taraf hidup, kabupaten tangerang, ekonomi, masyarakat,
Ilustrasi - Jaringan air bersih perpipaan.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Tema Hari Air Sedunia tahun 2021 ini adalah “valuing water”, dimana kita diajak untuk memikirkan apakah arti air bagi kita, serta memuliakan air dari sisi kehidupan sehari-hari, lingkungan, maupun sisi sosial, budaya, dan ekonomi.

Melalui pelayanan air bersih perpipaan yang diberikan, Aetra Tangerang sendiri memandang air merupakan sarana untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Ada tiga pendekatan dimana penyediaan akses air bersih perpipaan bisa menjadi sarana untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, yaitu dari sisi kesehatan, ekonomi, dan lingkungan.

Dari sisi kesehatan, tersedianya akses air bersih yang memadai biasanya akan diikuti pula dengan perbaikan sistem sanitasi serta peningkatan kebersihan sehingga akan mengurangi resiko terjadinya penyebaran penyakit bawaan air seperti misalnya diare, muntaber, kolera, dan disentri. Ketersediaan akses air, sanitasi dan kebersihan yang memadai kini bahkan menjadi lebih penting lagi dengan adanya pandemi Covid-19.

Ketersediaan akses air bersih perpipaan juga akan mendorong peningkatan produktifitas masyarakat. Dengan adanya akses air bersih, waktu yang tadinya terbuang untuk mencari sumber air atau sanitasi yang memadai dapat dipergunakan secara lebih produktif untuk belajar maupun bekerja sehingga membantu meningkatkan kondisi perekonomian.

Sementara itu dari sisi lingkungan, ketersediaan akses air bersih perpipaan turut mendorong perubahan pola pemanfaatan air dari air tanah ke air perpipaan baik oleh rumah tangga maupun industri, secara langsung berperan dalam menjaga kelestarian dan kesinambungan air tanah.

BACA JUGA: Layani Warga di Wilayah Rajeg, Perumdam TKR dan Aetra Air Tangerang Jalin Kerjasama

Pergeseran pola pemanfaatan sumber air ini menjadi penting karena penggunaan air tanah secara berlebihan telah menyebabkan beragam kerusakan lingkungan seperti misalnya intrusi air laut dan penurunan permukaan tanah.

Berangkat dari pemahaman air merupakan sarana untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, maka Aetra Tangerang berkomitmen untuk meningkatkan cakupan akses terhadap air minum perpipaan di Kabupaten Tangerang secara berkelanjutan.

Sebagai wujud komitmen ini, hingga 2020 Aetra Tangerang telah menanamkan investasi sebesar Rp877,3 miliar untuk pengembangan sistem penyediaan dan pelayanan air minum di Kabupaten Tangerang.

Jumlah ini telah melebihi target investasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang pada awal masa kerjasama sebesar Rp588 miliar. Dengan investasi yang telah ditanamkan, hingga saat ini Aetra Tangerang telah melayani lebih dari 636.000.

Sementara itu ke depan Aetra Tangerang akan terus fokus pada percepatan peningkatan cakupan akses terhadap air minum perpipaan di wilayah pelayanan.

PT Aetra Air Tangerang bergerak di bidang penyediaan dan pelayanan air minum perpipaan serta merupakan proyek kerjasama Kemitraan Pemerintah dan Swasta (KPS) di bidang infrastruktur air minum pertama yang berhasil diwujudkan di Indonesia. Aetra Air Tangerang merupakan anak perusahaan dari

Moya Holdings Asia Limited, yang telah berpengalaman dalam proyek infrastruktur air minum baik di dalam maupun di luar negeri. Proyek ini dicanangkan sebagai solusi akan penyediaan air minum bagi masyarakat kabupaten Tangerang yang sebelumnya tidak terlayani oleh sistem penyediaan dan pelayanan air minum yang memadai.(DIFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.