Advokat Banten Siapkan Gugatan Kepgub Pemindahan RKUD

  • Whatsapp
advokat banten
Kantor Bank Banten di Kota Serang.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Sejumlah advokat di Banten berencana akan mengajukan gugatan terkait Keputusan Gubernur (Kepgub) nomor 580/Kep-144-Huk/2020 tentang penunjukan Bank BJB sebagai bank penyimpan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemprov Banten. Gugatan hukum bisa melalui melalui class action maupun perdata di Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN).

Salah satu pengacara publik asal Menes, Pandeglang, Raden Elang Yayan Mulyana mengatakan, secara hukum perdata, Kepgub pemindahan RKUD cacat hukum karena tidak mempunyai berita acara dan tidak melakukan pengkajian terhadap konsederannya.

Bacaan Lainnya

“Saya melihat ada celah untuk melakukan gugatan. Berdasarkan pemberitaan di media, BI (Bank Indonesia) mengaku keberatan lembaganya dicantumkan dalam Kepgub tersebut. Secara perdata ini cukup untuk lakukan gugatan. Sedangkan dalam pidana, Kepgub bisa dikategorikan tindakan penyalahgunaan wewenang,” ujarnya, Senin (4/5/2020).

Selain Yayan, advokat lainnya, Dedi Hartadi menyebut Kepgub bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, yang mengakibatkan kerugian, baik bagi perseorangan maupun badan hukum. Sehingga bisa dilakukan gugatan ke PTUN, untuk kemudian dilakukan uji kekuatan hukumnya.

“Sesuai UU tentang PTUN dalam pasal 53 ayat 1 menyebutkan, setiap orang atau badan usaha yang merasa dirugikan bisa melakukan gugatan ke PTUN, untuk dibatalkan atau dinyatakan tidak sah, baik disertai dengan ganti rugi atau tidak,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakan pengacara Nanang Nasrullah. Sebagai pihak yang dirugikan, pihaknya akan mengajukan gugatan terhadap Kepgub, baik dari sisi perdata maupun pidana, karena di dalamnya ada indikasi dugaan menyalahgunakan wewenang. “Gugatan ini dilakukan untuk menyelamatkan Bank Banten,” ujarnya.

BACA JUGA:

. Dewan Pertanyakan Kepgub Penyimpanan RKUD 2020 di Bank Banten

. Ada Pihak Ngaku Keberatan Pemindahan RKUD dari Bank Banten ke Bank BJB

. Gubernur Sebut Bank Banten Melulu Merugi, Gagal Bayar Saat Butuh Dana Segar

Sedangkan Ketua Aliansi Banten Menggugat, Arwan mengaku mendukung rencana sejumlah advokat yang akan mengajukan gugatan terhadap Kepgub pemindahan RKUD. Arwan menyebut, langkah tersebut diatur konstitusi untuk membatalkan peraturan yang tidak sejalan dengan keinginan masyarakat.

“Gerakan ini murni dorongan moral dari segenap masyarakat Banten, tidak ada unsur politis atau kepentingan tertentu. Mudah-mudahan masyarakat teredukasi,” ujarnya.(Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.