9 Orang Penambang Emas Yang Tertimbun Longsor di Citorek Berhasil Diselamatkan

oleh -
Penambang Emas Citorek Kidul Lebak
Penambang emas di Kampung Cipanggelesan, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Lebak yang berhasil diselamatkan Basarnas.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Setelah terjebak di lubang galian tambang emas selama 24 jam lebih, 9 orang penambang berhasil diselamatkan oleh petugas Basarnas Banten, yang dibantu oleh Kodim 0603/Lebak, BPBD Lebak, dan masyarakat sekitar pada Minggu (8/12/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan ke 9 orang penambang emas di Kampung Cipanggelesan, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Lebak itu dievakuasi oleh tim gabungan penyelamat sekira pukul 06.05 WIB.

Korban yang merupakan warga Kampung Ciomas, Desa Citorek Kidul, Kabupaten Lebak tersebut, terjebak di dalam lubang galian tambang emas karena akses ke dalam tambang itu tertimbun longsor pada Jumat (6/12/2019) lalu.

“Alhamdulillah tadi pagi ke 9 orang itu sudah dievakuasi dengan selamat,” kata Kasubsiops Basarnas Banten, Heru Amir ketika dihubungi melalui telepon seluler.

Heru menuturkan dalam proses evakuasi tersebut pihaknya menerjunkan 3 alat berat untuk menggali timbunan tanah longsor yang menutup jalan keluar para penambang.

BACA JUGA:

Ratusan Rumah Dan Jembatan di 2 Kecamatan Kabupaten Lebak Rusak Parah

9 Orang Penambang Emas Tertimbun Lonsor di Citorek Belum Diketahui Nasibnya

Akibat Banjir Dan Longsor, 5 Kampung di Citorek, Lebak Terisolir

Evekuasi dilakukan, tambah Heru, bermula ketika pihaknya mendapat laporan dari masyarakat bahwa di lokasi longsor, terdapat 12 orang yang tejebak di dalam galian tambang emas. Mengetahui hal itu, tambah Heru, pihaknya menerjunkan regu untuk melakukan pencarian.

Karena menuju lokasi longsor yang tidak jauh dari wilayah TNGHS sulit dijangkau, kata dia, petugas memerlukan waktu yang cukup untuk dapat mengevakuasi korban. Dan setelah mendapat bantuan dari TNI-Polri, BPBD Lebak, dan masyarakat akhirnya evakuasi berhasil dilakukan.

” Ke 9 orang penambang itu saat ini sudah dirawat di Puskesmas Cibeber,” kata dia. (Yusuf/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.