523 Korban Bencana Banjir Bandang di Lebak Terima DTH, 124 Lainnya Menyusul

  • Whatsapp
Diantara korban bencana Lebak yang dapat bantuan DTH dari Pemerintah Pusat.

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM – Sebanyak 523 Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban terdampak bencana alam di 6 Kecamatan yang terjadi pada awal tahun 2020 lalu, menerima Dana Tunggu Hunian (DTH) yang dijanji-janjikan oleh Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bantuan kebencanaan senilai Rp.3 juta tersebut  disalurkan melalui rekening pribadi para penerima bantuan, yang sebelumnya telah diverifikasi dan validasi oleh tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak. 

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Pelaksana BPBD Lebak Ajis Suhendi mengatakan, total terdapat 647 KK penerima DTH yang tersebar di 6 Kecamatan terdampak bencana yakni Kecamatan Sajira, Lebak Gedong, Cimarga, Cipanas, Maja dan Curugbitung. Dari 647 KK, 523 KK sudah menerima bantuan, sementara 124 KK sisanya belum. 

“Sisanya sebanyak 124 KK akan dilakukan validasi terkait persyaratan dari pihak perbankan, dan akan disalurkan ditahap kedua nanti,” kata Ajis ketika dihubungi Redaksi24.com melalui telepon selulernya, Jumat (6/11/2020).

BACA JUGA:Pemkab Lebak Kembali Janji DTH Korban Banjir Bandang Cair Bulan Ini

Kata Ajis, DTH diberikan sebagai dana bantuan kepada warga terdampak bencana banjir bandang yang rumahnya hancur akibat bencana tersebut. Dana bantuan tersebut ditujukan agar para korban terdampak bisa menyewa tempat tinggal sementara, selagi menunggu dana bantuan stimulan untuk membangun kembali rumah mereka yang telah hancur akibat bencana yang menerjang 6 Kecamatan di Kabupaten Lebak.

Dirinya berharap, dengan disalurkannya bantuan kebencanaan  dapat membantu meringankan beban para warga terdampak bencana.

BACA JUGA: Korban Banjir dan Tanah Longsor di Lebak Minta Direlokasi

Sementara itu, Abdurrohman, warga Kampung Susukan, Desa Bungurmekar, Kecamatan Sajira mengatakan, di Desa Bunggurmekar terdapat 76 KK penerima DTH. 37 KK diantaranya sudah menerima bantuan yang berasal dari BNPB tersebut. 

“Dari 76 penerima itu di jadikan 2 tahap.Tahap pertama 37 penerima itu sudah dicairkan.Tahap kedua 39 penerima belum cair, semoga dalam  waktu dekat bisa cair semua,” pungkasnya. (YUSUF/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.