4 Cara Agar Stres Kabur Tanpa Harus Berlibur

  • Whatsapp
Stres

APAKAH Anda pernah mengalami stres? Dengan kondisi tekanan dan tuntutan hidup yang sangat tinggi seperti yang terjadi saat ini, pastilah banyak kalangan akan menjawab iya.

Stres sendiri merupakan sebuah gangguan kesehatan seseorang yang merasa tertekan oleh berbagai faktor. Stres biasanya dapat menyerang siapa saja, terutama pada kalangan orang dewasa.Stres merupakan ketegangan emosional maupun fisik yang disebabkan oleh peristiwa atau pemikiran tertentu yang memicu rasa frustasi, marah, atau kegugupan. 

Bacaan Lainnya

Lalu apa sih tandanya ketika kita mulai mengalami stres?

Kalau kerja terus menerus, tensinya tinggi. Sampai di satu sisi tensinya  sudah tidak bisa bikin produktif, tapi malah bikin susah fokus dan susah memuncul ide baru anda sudah bisa dikategorikan mengalami stres.

Jika sudah mengalaminya segera atasi, karena kondisi stres terus menerus dapat menjadi kronis dan membahayakan kesehatan tubuh. Bahkan tak jarang stres menimbulkan berbagai gangguan seperti sakit kepala, sakit perut, kelelahan, mudah marah, hingga depresi. Untuk diperlukan cara-cara agar tidak menumpuk dan menimbulkan masalah yang lebih serius. 

Ada banyak cara untuk melepaskan stres yang bisa coba sendiri. Berikut tips-tipsnya agar stress kabur tanpa harus berlibur.

1.Cari teman berbagi

Kita bisa cari teman atau rekan kerja yang bisa diajak berbagi hal-hal yang membuatmu stress. Hal itu bisa mengurangi efeknya, ceritakan masalahmu pada teman yang saling mengerti posisi masing-masing di tempat kerja.

“Jangan cerita ke temen yang kompor ya, nanti malah dibumbu-bumbuin ceritanya yang ada bukan stress nya hilang tapi makin nambah stress nya.”

2.Terapkan pola hidup sehat

Kita harus olahraga cukup, makan teratur, istirahat cukup, biasanya stress akan bertambah ketika pola hidupnya tadi jadi berantakan.

“Olahraga bisa menurunkan hormon endorfin dan membuat senang, itu bisa dilakukan dan menurunkan stress.”

3.Buat suasana baru di tempat kerja

Kita bisa membuat suasana baru di tempat kerja. Seperti menata ulang meja kerja atau menghadirkan sesuatu yang baru.

“Sederhana sih kalo dilihat, tepi ternyata berefek untuk kita-kita yang butuh ketenangan. Salah satu caranya dengan menghadirkan sesuatu yang membuat tenang dan bisa membantu menurunkan stres.”

4.Bersuci sebelum tidur

Bersuci terlebih dahulu, kemudian berusaha bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan sholat sunnah, biar hati dan pikiran jadi lebih tenang, dengan begitu stres akan hilang.

“Bersuci agar badan dan pikiran jadi bersih, bangun di sepertiga malam untuk salat sunah, jangan cuma bangun ke toilet dan buka handphone aja”.(Sayyidul Mubarok)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.