4.895 Orang Wafat Masuk Data Dukungan Balon Independen

  • Whatsapp
Bawaslu Karawang

KARAWANG, REDAKSI24.COM—Ya ampun simsalabim sulap politik macam apalagi yang terjadi di Karawang Jawa Barat ini. Pasalnya, Bawaslu setempat menemukan data  begitu banyak orang yang telah meninggal dunia tercatat mendukung atau menyatakan dukungan politik untuk pasangan bakal calon (balon) perseorangan (independen) pada Pilkada Karawang 2020.

Jumlahnya pun tak tangung-tangung, sebanyak 4.895 orang yang sudah dipanggil Yang Maha Kuasa turut mendukung balon independen. Dukungan itu ditunjukkan dengam copi kartu tanda penduduk para almarhum.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA:Bawaslu Temukan Ribuan KTP ASN Dukung Calon Pilkada

“Temuan adanya orang meninggal dunia tapi tercatat sebagai pendukung satu pasangan balon perseorangan itu adalah hasil pengawasan kami. Pengawasan kami berlangsung selama selama 14 hari,”ungkap Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat Suryana Hadi Wijaya, di Karawang, Jumat (17/07/2020).

Kata dia, sebelumnya KPU melaksanakan verifikasi faktual bakal calon perseorangan yang akan maju pada Pilkada Karawang itu pada 24 Juni sampai 12 Juli 2020.

BACA JUGA:Tak Masuk Data Pemilih, Ayo Lapor Posko Coklit!

Diperoleh informasi, di perhelatan Pilkada Karawang 2020 terdapat satu pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan, yaitu  Endang dan Asep Agustian.

Menurut Suryana,  selain ribuan orang meninggal dimasukkan ke data dukungan. Berdasarkan hasil  pengawasan di beberapa tingkatan lingku Bawaslu Karawang ternyata didapat temuan dokumen dukungan yang dalam identitasnya tertulis pekerjaan sebagai aparatur sipil negara, TNI dan Polri.

BACA JUGA:Bawaslu RI Sebut Pelaksanaan Pilkada Tangsel di Tengah Covid-19 Berpeluang Besar Terjadinya Politik Uang

Kemudian ditemukan juga ada orang yang tidak mendukung tapi tercatat  dalam formulir dukungan bakal calon perseorangan.

“Atas sejumlah temuan tadi, maka dokumen itu dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Jika dijumlahkan, seluruhnya ada sekitar 10 ribu dokumen dukungan bakal calon perseorangan yang TMS tersebar di sejumlah kecamatan wilayah Kabupaten Karawang,”jelasnya.

Kata Suryana, Bawaslu Karawang akan menyampaikan temuan dokumen dukungan yang dinyatakan TMS oleh pihaknya tersebut ke Komisi Pemilihan Umum Karawang untuk diambil langkah sesuai kewenangannhya. (M Ali/Ant/Jaya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.