4.759 Karyawan di Lebak Akan Dapat BSU Dari Pemerintah Pusat Rp 600 Ribu Perbulan

  • Whatsapp
Bsu
Ilustrasi BSU.

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM – Sebanyak 4.759 karyawan swasta di Kabupaten Lebak akan mendapat Bantuan Subsidi Upah (BSU) berupa uang tunai sebesar  Rp. 600 ribu dari Pemerintah pusat. 

Bantuan yang disalurkan secara langsung oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan ke rekening pribadi masing-masing penerima itu diberikan selama 4 bulan kedepan.

Bacaan Lainnya

Kepala kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Utama Serang, Didin Haryono mengatakan, merujuk pada PP 82 Tahun 20, tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Pemerintah akan memberikan subsidi gaji Rp600 ribu selama 4 bulan. Dan program bantuan itu,  saat ini difokuskan kepada sektor PU dan Swasta (BUMN, BUMD, Instansi dan Lembaga tidak termasuk).

Sedangkan penerima, akan mengacu kepada karyawan yang terdaftar di dalam program BPJS Ketenagakerjaan. “Sampai  saat ini data perusahaan baru masuk 46 perusahaan dan Tenaga kerja 4.759 orang di Lebak,” kata Didin, Rabu (12/8/2020).

BACA JUGA: DPRD Banten Dorong Penambahan Biaya Transfer ke Daerah

Kata Didin, saat ini pihaknya tengah melakukan verifikasi data penerima bantuan. Untuk kriteria penerima BSU, lanjut dia, terdapat  4 poin, yakni peserta BPJS Ketenagakerjaan aktif, gaji di bawah 5 juta (Berdasarkan data Upah yg dilaporkan/tercatat di BPJS Ketenagakerjaan) , Memiliki Rekening Bank, dan Tidak termasuk pegawai BUMN dan pemerintah. 

“Jika sudah melengkapi kriteria itu, karyawan berhak mendapatkan BSU yang akan disalurkan perbulan mulai September 2020 ini,” kata Dindin.

Dirinya berharap, para HRD perusahaan dapat segera melengkapi dan mengajukan data karyawannya yang akan mendapatkan bantuan tersebut kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan setempat.

” Kami sebagai bagian integral dari pemerintah, kami berharap semoga bantuan dari pemerintah ini bisa membantu meringankan beban  para pekerja menengah ke bawah yang terkena dampak Covid 19.  Dan kami berharap pihak perusahaan dapat mempertahankan karyawannya untuk tidak di PHK.  Dan Insha Allah pandemi covid-19 akan segera berakhir,” pungkasnya.(Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.