29,12 Juta Penduduk Indonesia Usia Kerja Terdampak Pandemi COVID-19

oleh -
dampak pandemi, penduduk indonesia, usia kerja, terdampak
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. (Antara)

MEDAN, REDAKSI24.COM—Sekitar 29,12 juta penduduk Indonesia usia kerja terdampak pandemi COVID-19, sehingga langkah pemerintah untuk fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) dinilai tepat.

Hal itu diungkapkan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam acara penandatanganan MoU antara Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan Ditjen Binalattas dengan mitra, asosiasi/industri di BBPLK Medan, Sabtu (30/1/2021).

“Pembangunan SDM khususnya melalui pendidikan dan pelatihan vokasi untuk peningkatan kompetensi dinilai sangat tepat saat ini karena saat ini perlindungan terbaik bagi angkatan kerja baru dan para pekerja adalah perlindungan skill (kompetensi),” ujarnya di Medan.

Menurut dia, setiap pekerja harus punya skill dan tersertifikasi.  Skill juga harus bisa diperbaharui secara terus menerus agar bisa mengikuti perubahan karakter
pekerjaan yang begitu cepat.

Dengan adanya skill, setiap individu akan punya kemampuan bekerja secara terus menerus baik bekerja untuk orang lain maupun membuka lapangan kerja baru.

“Dengan banyaknya SDM yang kompeten, penyerapan tenaga kerja dan produktivitas akan meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian dan. kesejahteraan usai pandemi COVID-19,” katanya.

Menaker mengingatkan, pemerintah menyadari seluruh program yang disiapkan tidak akan berjalan baik, bila tidak berkolaborasi dan bersinergi dengan para pemangku kepentingan. khususnya dari dunia usaha dan dunia Industri (DUDI).

DUDI, katanya, sebagai penyerap tenaga kerja memiliki peran besar dalam menentukan kompetensi yang dibutuhkan saat ini dan di masa depan agar proses link and match antara pendidikan dan dunia kerja bisa tercipta.

Untuk itu penyesuaian harus terus dilakukan agar lulusan pelatihan vokasi yang dilakukan akan selalu relevan dan terserap oleh perkembangan terkini di DUDI. (Evalisa Siregar/Ant/ejp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.