246 Desa di Kabupaten Tangerang Diberi Pelatihan Penanggulangan Banjir

oleh -
banjir, desa, kabupaten tangerang, visi indonesia, BPBD, simulasi penanganan banjir,
Aktivis Visi Indonesia memberikan penjelasan terkait penanganan banjir di Desa Cikande.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Banten, menggelar simulasi Rencana Penanggulangan Kedaruratan Bencana (RPKB) di Kantor Kepala Desa Cikande, Kecamatan Jayanti, Kamis (1/04/2021).

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Tangerang, Elih Khaerona menjelaskan, simulasi penanggulangan bencana banjir bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat bila terjadi bencana banjir, terutama pada musim hujan.

“Kami bekerja sama dengan Wahana Visi Indonesia berupaya untuk meminimalisir dampak banjir di Kabupaten Tangerang,” jelasnya.

Dia menambahkan, ada 246 desa yang masuk dalam agenda kegiatan simulasi tersebut. Untuk langkah awal ada 5 desa yang mendapat pelatihan penanganan banjir, diantaranya, Desa Cikande dan Desa Jayanti, Kecamatan Jayanti, Desa Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua.

BACA JUGA: Dukung Kebijakan Pusat, Pemkab Tangerang Larang Mudik Lebaran 2021

Dengan adanya sosialisasi penanganan banjir diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang sadar dan tanggap terhadap bencana.

“Sosialisasi ini diberikan kepada warga dengan tujuan untuk menciptakan masyarakat yang sadar dan tanggap terhadap bencana yang dapat saja terjadi tanpa bisa diprediksi,” lanjutnya.

Sementara itu, Project Officer Sinergi Visi Indonesia, Nofri Yohan Raco mengatakan, simulasi penanggulangan kedaruratan bencana melibatkan warga setempat. Meliputi, ketua lingkungan, tokoh masyarakat, tim PKK, dan karang taruna.

“World Vision International adalah organisasi bidang kemanusiaan dengan fokus pelayanan kepada anak. Organisasi ini aktif dalam kegiatan kemanusiaan baik yang bersifat tanggap darurat dan pengembangan masyarakat,” jelasnya.

Dia mengatakan, simulasi penanganan bencana sudah digelar selama 3 hari. Pihaknya bekoordinasi dengan BPBD Kabupaten Tangerang untuk menggelar simulasi penanggulangan bencana di kawasan rawan terjadi bencana, salah satunya banjir.

“Kami memberikan edukasi berupa pemahaman kedaruratan bencana, baik antisipasi sampai proses evakuasi serta pendistribusian bantuan dan lain-lain,” ungkap Nofri.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Cikande, Acep Eman berharap Pemkab Tangerang pada pelaksanaannya bisa konsisten dan cepat siaga dalam hal bantuan terhadap bencana yang kapan saja bisa terjadi.

“Semoga dengan adanya program simulasi dari BPBD dan bersinergi dengan Wahana Visi bisa lebih tanggap dan cepat dalam membantu terhadap korban bencana,” tandas Acep.(IKP/DIFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.