200 Pemudik di Desa Sumberwaras Jalani Isolasi Mandiri

  • Whatsapp
Pos pemantauan covid-19.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Sebanyak 200 pemudik yang berada di Desa Sumberwaras, Kecamatan Malimping, Kabupaten Lebak, menjalani isolasi mandiri.

Kepala Desa Sumberwaras Usup Supardi mengatakan, para pemudik tersebut saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing, pasalnya para pemudik tersebut berasal dari daerah yang masuk dalam kategori zona merah penyebaran virus corona (Covid-19), seperti Jakarta, Tanggerang Raya, Bogor, Depok dan Bekasi.

Bacaan Lainnya

” Total ada 200 pemudik yang tersebar di 22 RT di Desa Sumberwaras. Mereka saat ini tengah menjalani isolasi mandiri, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona mengingat mereka berasal dari daerah zona penyebaran virus tersebut,” kata Usup kepada Redaksi24.com, Jum’at (17/4/2020).

Ia mengungkapkan, dari 200 pemudik tersebut terdapat 20 orang yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP). Untuk melakukan pemantauan terhadap para pemudik khususnya ke 20 ODP tersebut, pihaknya saat ini telah membuka 7 pos pemantauan yang berada di setiap RW, dan kantor Desa Sumberwaras.

Hal tersebut merupakan tindakan sangat serius yang diambil oleh Pemerintahan Desa Sumberwaras dalam melakukan pencegahan penyebaran virus Corona, mengingat Desa tersebut menjadi wadah bagi para pemudik yang sebelumnya bekerja di wilayah Jabodetabek.

” Setiap pemudik harus melapor ke pos, selanjutnya mejalani masa isolasi sendiri selama 14 hari. Pos tersebut juga menerima aduan dari masyarakat khususnya pemudik dan ODP yang mengalami sakit dengan gelaja-gejala Corona. Laporan tersebut nantinya akan disampaikan langsung kepada pihak Puskesmas setempat,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Desa Sumberwaras untuk bersama-sama memutus rantai penyebaran virus corona.

” Saya berharap adanya kerjasama dari warga terutama warga yang baru mudik dari kota, untuk mentaati peraturan – peraturan yang sudah kita sosialisasikan guna pencegahan penyebaran virus Corona. Semoga kita semua bisa terhindar dari wabah virus ini” katanya.

BACA JUGA:

Dinkes Lebak Waspadai Ancaman Virus Corona

Cegah Wabah Corona, 30 Tahanan di Lapas Rangkasbitung Jalani Sidang Online

Sementara itu, Ibrahim salah satu ketua RT Kampung Sompok, Desa Sumberwaras mengatakan, diwilayahnya sendiri saat ini terdapat 20 pemudik yang tengah menjalani isolasi mandiri setelah pulang dari luar kota.

” Warga di sini ada sekitar 20 orang yang baru mudik dari kota. Sesuai dengan instruksi dari kepala Desa, saya selalu mencatat dan memberikan saran kepada warga yang baru datang agar sementara tetap tinggal di rumah dan tidak melakukan aktifitas diluar rumah untuk menghindari penularan wabah virus yang mereka bawa dari kota,” katanya.(Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.