17 Transgender di Kota Tangerang Dapat e-KTP

oleh -
Ilustrasi: pembuatan e-KTP.

KOTA TANGERANG, REDAKSO24.COM– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengeluarkan 17 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dan  Kartu Keluarga (KK) kepada transgender yang ada di Kota Tangerang.

Hal itu diakui oleh Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Tangerang, Sri Warsini. Bahkan selain mengeluarkan 17 e- KTP dan KK, pihaknya juga telah memberikan 18 akte lahir kepada mereka.

” Sebanyak 18 orang sudan memdapatkan akte lahir,” kata Sri Warsini, Senin (23/8/2021).

Sri mengatakan, para transgender tersebut mendapatkan e-KTP sesuai dengan instruksi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

BACA JUGA: Gerai Pelayanan E-KTP di Mal Diminati Warga Kota Tangerang

“Sesuai instruksi dari pusat dan provinsi untuk melakukan pendataan dan diberikan dokumen kependudukan sebagai warga negara,” ujarnya.

Kendati memiliki e-KTP, lanjut Sri, jenis kelamin para transgender tersebut tidak dirubah dan tetap sesuai dengan nama aslinya.

“Kami tidak mengubah statusnya, jenis kelamin dan nama sesuai dengan aslinya yakni laki-laki. Untuk perubahan jenis kelamin dan nama, harus ada penetapan pengadilan,” katanya.

Sri menambahkan, bilamana setiap warga mendapatkan pelayanan dan hak yang sama, baik pendataan, perekaman dan percetakan administrasi kependudukan (adminduk).

“Kedepannya bisa datang langsung ke Disdukcapil dengan membawa persyaratan salah satunya kartu keluarga untuk membuat dokumen kependudukan,” pungkasnya. (Candra/Aan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.