135 Balita di Badui Alami Stunting Karena Berbagai Faktor

oleh -
Anak Balita Badui sedang belajar menulis, membaca dan menggambar.

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM– Sebanyak 135 anak berusia di bawah lima tahun (Balita)  di pemukiman masyarakat Badui atau pedalaman Kabupaten Lebak, Banten mengalami stunting (kerdil). Hal itu diketahui dari hasil catatan penimbangan pada bulan Februari 2021.

“Kami mengoptimalkan penyaluran makanan tambahan juga pemberian vitamin A untuk penyembuhan balita itu,” Kata Kepala Puskesmas Cisimeut Kabupaten Lebak, Maytri Nurmaningsih di Lebak, Selasa (29/6/2021).

Balita masyarakat Badui yang menderita stunting itu, katanya, disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya minimnya pendidikan dan pengetahuan orang tua dalam  merawat dan memberikan asupan gizi pada anak.

Selain itu, tambah dia, pada saat hamil orang tua mengalami anemia dan kurang energi kronik (KEK) serta faktor ekonomi yang tidak mendukung.

BACA JUGA: Petani Badui Berladang Padi Huma Untuk Ketahanan Pangan Keluarga

Dalam menjalani kehidupannya pun, kata dia, bersumber pada mata pencaharian sebagai petani yang tinggal di ladang dan jarang pulang ke rumah.

Petugas medispun, tandasnya sangat minim dan hanya berjumlah delapan orang untuk melayani 68 perkampungan dengan kondisi perbukitan dan pegunungan. Akibatnya, kata dia petugas medis kesulitan untuk melakukan pelayanan kesehatan pada Balita tersebut.

” kami telah mendirikan 10 unit posyandu. Dan setiap bulannya selain melakukan penimbangan pada Balita di pemukiman Badui, juga pemberian makanan tambahan untuk penderita stunting,” katanya.

Sementara itu, Darwanti seorang warga Badui mengaku, anaknya yang berusia dua tahun hanya satu kali dilakukan vaksin dan dibawa ke Puskesmas Cisimeut ketika sakit.

Itu terjadi, katanya, karena sehari-hari ia berada di ladang. “Kegiatan kami sehari-hari di ladang dan tidak pulang ke rumah di pemukiman Badui, kecuali ada acara adat,” paparya, sehingga kata dia, pertumbuhan anaknya tidak normal. (Mansyur/Ant/Aan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.