1 Sopir ‘Pembalap’ Penyebab 5 Penumpang Bus Tewas Ditangkap di Bandung

oleh -
Kecelakaan Bus di Tol Merak
Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Wibowo (Kiri) saat pengungkapan kasus kecelakaan bus di Tol Merak-Tangerang, di Mapolda Banten, Jumat (20/3/2020).

SERANG, REDAKSI24.COM – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten, mengamankan salah satu dari dua sopir bus penyebab kecelakaan lalu lintas yang menewaskan 5 penumpang di Tol Merak- Tangerang Km. 94, Kota Cilegon, Selasa (17/3/2020) lalu.

Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Wibowo mengatakan, timnya sudah berhasil mengamankan satu sopir Bus Kramat Jati berinisial Y. Dia ditangkap saat berada di Bandung pada Rabu (18/3/2020). Pihaknya masih mencari sopir Bus ALS yang hingga kini belum diketahui keberadaannya.

“Saat ini masih ada satu sopir bus yang belum diketemukan, yakni sopir Bus ALS. Tapi kami sudah kantongi identitasnya,” kata Wibowo dalam pengungkapan kasus perkara laka bus di Mapolda Banten, Jumat (20/3/2020).

Ia juga mengatakan, dari sejumlah alat bukti serta keterangan saksi, pihaknya menangkap Y, sopir Bus Kramat Jati bernomor polisi D 7592 AO. Pasalnya, kecelakaan antara bus Kramat Jati dan ALS terekam dalam CCTV tol pada pukul 00.14 WIB masuk di Gerbang Tol dari Merak menuju Tangerang.

“Kedua bus diduga kebut-kebutan dengan kecepatan tinggi. Karena dari analisa jarak 4 kilometer dari gerbang tol ke lokasi kejadian hanya ditempuh waktu 6 menit,” terangnya.

BACA JUGA:

. 2 Bus Balapan di Tol Merak, 1 Bus Hantam Truk Kontainer, 5 Tewas

Berdasarkan informasi, lanjut Wibowo, sesaat sebelum kejadian, Bus ALS berada di belakang Bus Kramat Jati dan hendak menyalip dari sebelah kiri. Namun di depan terdapat truk kontainer, Bus ALS berusaha masuk ke jalur kanan.

“Dengan jarak dan kecepatan tinggi yang tidak memungkinkan, Bus ALS masuk ke jalur kanan dan bersenggolan dengan Bus Kramat Jati. Alhasil, Bus ALS terpental dan menabrak truk kontainer yang berada di jalur kiri,” jelasnya.

Atas perbuatannya sopir Kramat Jati dijerat dengan Pasal 312 Undang-undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman penjara selama 3 tahun atau denda Rp75 juta. Selain itu, pihaknya meminta sopir Bus ALS untuk menyerahkan diri ke polisi. (Firasat/Difa)

One thought on “1 Sopir ‘Pembalap’ Penyebab 5 Penumpang Bus Tewas Ditangkap di Bandung

  1. jangan ditiru ya guys, perhatikan batas kecepatan kendaraan anda karena dapat membahayakan kendaraan lain

Komentar ditutup.